KREATIVITAS GURU DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERDASARKAN KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN (KTSP)DI SMA MUHAMMADIYAH 1 SURAKARTA

HIDAYAT, AKHYAT (2008) KREATIVITAS GURU DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERDASARKAN KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN (KTSP)DI SMA MUHAMMADIYAH 1 SURAKARTA. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF
A410030163.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan, memahami, dan memaknai kreativitas guru dalam pembelajaran matematika berdasarkan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Tempat penelitian di SMA Muhammadiyah 1 Surakarta. Sumber data: guru matematika, kepala sekolah, siswa, dan dokumen-dokumen. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan metode alir. Keabsahan data dilakukan dengan triangulasi sumber, triangulasi metode, dan member check. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa: (1) kreativitas guru dalam perencanaan pembelajaran meliputi: a) guru telah membuat perangkat pembelajaran yang berupa program tahunan, program semester, silabus, dan rencana pelaksanaan pembelajaran yang ringkas, mudah dipahami, dan disesuaikan dengan kondisi kelas, b) rencana pelaksanaan pembelajaran yang dibuat berbasis Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan berisi: standar kompetensi, kompetensi dasar, indikator, materi ajar, metode pembelajaran, langkah-langkah pembelajaran, alat/bahan/sumber bahan, dan penilaian; (2) kreativitas guru dalam pelaksanaan pembelajaran meliputi: a) guru telah mengombinasikan metode pembelajaran, b) menciptakan suasana pembelajaran di kelas yang menyenangkan, c) menciptakan pembelajaran aktif, d) memanfaatkan sumber belajar yang ada, e) menggunakan alat/media pembelajaran, f) mengelola waktu dengan baik, g) memotivasi siswa dalam pembelajaran di kelas; (3) kreativitas guru dalam penilaian pembelajaran meliputi: a) melaksanakan berbagai evaluasi dalam penilaian pembelajaran, b) membuat instrumen pembelajaran yang bervariasi, c) mengadakan remidi bagi siswa yang belum memenuhi standar ketuntasan belajar.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: kreativitas-guru, pembelajaran-matematika, kurikulum
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Ken Retno Yuniwati
Date Deposited: 20 Nov 2008 06:50
Last Modified: 17 Nov 2010 10:54
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/669

Actions (login required)

View Item View Item