PERBEDAAN KREATIVITAS SISWA SMP PADA SEKOLAH BERTARAF INTERNASIONAL (SBI) DAN RINTISAN SEKOLAH BERTARAF INTERNASIONAL (RSBI) DI SURAKARTA

SUGIARTI , FITRI (2009) PERBEDAAN KREATIVITAS SISWA SMP PADA SEKOLAH BERTARAF INTERNASIONAL (SBI) DAN RINTISAN SEKOLAH BERTARAF INTERNASIONAL (RSBI) DI SURAKARTA. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF
F100050218.pdf

Download (181kB)
[img] PDF
F100050218.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Kreativitas merupakan kemampuan yang efektif dalam menciptakan atau membuat sesuatu yang baru, berbeda, dan unik, atau belum dikenal sebelumnya, kemampuan untuk berkreasi atau berkarya, kebebasan dalam berfikir, kemampuan untuk menyesuaikan diri dalam situasi yang baru, serta kemampuan yang dimiliki seorang individu untuk menemukan ide-ide baru yang inovatif dan inisiatif dalam setiap pemecahan masalah. Kreativitas siswa dapat diamati dari bergesernya peran guru yang semula sering mendominasi kelas, kini harus lebih banyak memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengambil peran lebih aktif dan kreatif dalam suasana yang menyenangkan. Ruang kelas yang kondusif dan fasilitas yang memadai seperti fasilitas media TIK bisa menumbuhkan motivasi siswa dalam belajar serta mengajari siswa belajar mandiri sehingga siswa dapat mengekspresikan kreativitasnya. Proses pembelajaran pada hakikatnya untuk mengembangkan aktivitas dan kreativitas peserta didik, melalui berbagai interaksi dan pengalaman belajar. Menciptakan suasana belajar yang kondusif, yang dapat mengembangkan aktivitas dan kreativitas belajar secara optimal. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) perbedaan kreativitas siswa pada sekolah bertaraf internasional dan rintisan sekolah bertaraf internasional, (2) kreativitas siswa kelas bertaraf internasional SMP N 1, dan (3) kreativitas siswa kelas bertaraf internasional SMP N 4 Surakarta. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini yaitu ada perbedaan kreativitas siswa SMP pada sekolah bertarfa internasional dan rintisan sekolah bertaraf internasional. Metode pengumpulan data menggunakan alat tes kreativitas verbal (TKV). Sampel penelitian ini adalah siswa SMP N 1 45 siswa dan SMP N 4 Surakarta 49 siswa dengan jumlah 94 subjek dengan karakteristik subjek adalah (1) siswa kelas dua dan (2) siswa kelas bertaraf internasional. Berdasarkan hasil analisis menggunakan anava diperoleh nilai F sebesar 9,989, p=0,002 (p<0,01). Hasil ini berarti ada perbedaan yang sangat signifikan antara kreativitas siswa SMP pada sekolah bertaraf internasionall dan rintisan sekolah bertaraf internasional. Nilai rata-rata kreativitas siswa SMP N 1 (SBI) sebesar 101,47 dan kreativitas siswa SMP N 4 (RSBI) sebesar 95,45 dengan demikian siswa SMP N 1 memiliki kreativitas yang lebih tinggi. Berdasarkan hasil analisis data diketahui bahwa kreativitas siswa SMP N 1 tergolong cukup ditunjukkan rerata empirik sebesar 101,47, siswa SMP N 4 juga memiliki kreativitas tergolong cukup ditunjukkan nilai rerata empirik 95,45.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: kreativitas, sekolah bertaraf internasional dan rintisan sekolah bertaraf internasional
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: Musyarofah Siti
Date Deposited: 09 Mar 2010 09:13
Last Modified: 15 Nov 2010 11:05
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/6672

Actions (login required)

View Item View Item