PERBEDAAN NILAI HASIL BELAJAR SISWA SEKOLAH KEPOLISIAN NEGARA MOJOKERTO DI JAWA TIMUR DITINJAU DARI METODE MENGAJAR

TRI ARYANTI , DENOK (2009) PERBEDAAN NILAI HASIL BELAJAR SISWA SEKOLAH KEPOLISIAN NEGARA MOJOKERTO DI JAWA TIMUR DITINJAU DARI METODE MENGAJAR. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF
F100050151.pdf

Download (85kB)
[img] PDF
F100050151.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (688kB)

Abstract

Hasil belajar dapat diartikan sebagai hasil yang dicapai oleh individu setelah mengalami proses belajar dalam jangka waktu tertentu. Hasil belajar yaitu kemampuan maksimal yang dicapai seseorang dalam suatu usaha yang menghasilkan pengetahuan atau nilai-nilai kecakapan yaitu kecakapan aktual yang diperoleh seseorang setelah belajar, dan kecakapan potensial merupakan kemampuan dasar yang berupa disposisi yang dimiliki oleh individu untuk mencapai prestasi. Metode mengajar dipercaya memiliki keunggulan khususnya untuk mengoptimalkan hasil belajar siswa, dimana aplikasi multimedia yang digunakan dalam proses pembelajaran untuk menyalurkan pesan (pengetahuan, ketrampilan, dan sikap) serta dapat merangsang pilihan, perasaan, perhatian, dan kemauan siswa secara sengaja proses belajar terjadi, bertujuan dan terkendali, sehingga dapat menghilangkan kejenuhan dan kebosanan dalam belajar untuk mencapai hasil belajar yang optimal. Tujuan penelitian yang ingin dicapai adalah untuk mengetahui perbedaan nilai hasil belajar siswa ditinjau dari metode mengajar. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah ada perbedaan nilai hasil belajar siswa sekolah kepolisian negara mojokerto di jawa timur ditinjau dari metode mengajar. Artinya subjek yang mendapat metode mengajar hasil belajarnya lebih tinggi dibandingkan dengan subjek yang tidak mendapatkan metode mengajar. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa Sekolah Kepolisian Negara Mojokerto Di Jawa Timur angkatan 2008/2009 pada pendidikan ke II yang berjumlah 100 siswa, 50 siswa sebagai kelompok eksperimen dan 50 siswa sebagai kelompok kontrol. Alat ukur yang dipakai untuk pengumpulan data dalam penelitian ini adalah test hasil belajar siswa (test prestasi belajar). Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen dengan rancangan post test only group design. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan independent sample t-test (uji-t). Analisis ini menghasilkan hal-hal berikut : ada perbedaan yang sangat signifikan hasil post test antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol setelah diberikan metode mengajar dimana t sebesar -22,375 dengan p< 0,01 (p= 0.000). Hal ini ditunjukkan oleh rerata kelompok eksperimen sebesar 83,70 dan rerata kelompok kontrol 65,76. Artinya metode mengajar efektif dijadikan sebagai media pembelajaran dalam peningkatan hasil belajar siswa.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: hasil belajar, metode mengajar, siswa
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: Musyarofah Siti
Date Deposited: 09 Mar 2010 08:25
Last Modified: 15 Nov 2010 11:11
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/6663

Actions (login required)

View Item View Item