Wazar, Aries and , Arin Supriyadi, SSt.FT., M.Fis and , Totok Budi Santoso , S.Fis , MPH (2018) Pengaruh Penambahan Standing Frame Terhadap Keseimbangan Berdiri pada Anak Cerebral Palsy Diplegi. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH PUBLIKASI-23.pdf Download (524kB) |
|
PDF (Pernyataan Publikasi Ilmiah)
SURAT PERNYATAAN PUBLIKSAI ILMIAH.pdf Restricted to Repository staff only Download (148kB) | Request a copy |
|
PDF (Halaman Depan)
halaman depan.pdf Download (1MB) |
|
PDF (Bab I)
BAB I.pdf Download (477kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (421kB) | Request a copy |
|
PDF (Bab III)
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (435kB) | Request a copy |
|
PDF (Bab IV)
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (364kB) | Request a copy |
|
PDF (Bab V)
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (182kB) | Request a copy |
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (528kB) |
|
PDF (Lampiran)
lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Latar belakang : Cerebral palsy (CP) digambarkan sebagai sekelompok gangguan permanen atau perkembangan pada gerakan dan postur tubuh, yang menyebabkan keterbatasan aktivitas, dan berhubungan dengan gangguan yang terjadi di otak janin yang sedang berkembang. Diplegi adalah paralisis yang menyertai kedua sisi tubuh, paralisis bilateral dan merupakan salah satu bentuk cerebral palsy yang utama menyerang kedua tungkai. Standing frame berfungsi untuk melatih otot-otot pada saat berdiri terutama pada otot tungkai bagian bawah. Standing mencegah timbulnya kontraktur, ketika anak tidak mampu berdiri secara independen karena peningkatan tonus otot, kelemahan atau tidak seimbangan beresiko memperpendek (kontraktur) otot-otot tungkai bawah. Motivas penulis dalam pembuatan skripsi dengan judul hubungan penambahan Standing Frame terhadap keseimbangan berdiri pada anak Cerebral Palsy Diplegi adalah selain sebagai pembelajaran diri, penulis tertarik dengan metode Standing Frame yang sering diaplikasikan pada anak dengan gangguan Cerebral Palsy Diplegi serta memiliki minat dalam bidang ilmu pediatric. Tujuan penelitian : pada penelitian ini peneliti memiliki tujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian stading frame terhadap keseimbangan berdiri pada anak cerebral palsy diplegi.Metode penelitian : pada penelitian ini peneliti menggunakan penelitian eksperimental dengan rancangan penelitian yang digunakan adalah pre and post test two group design pada anak cerebral palsy diplegi di YPAC Surakarta, yang diambil sebanyak 16 orang respondeng yang dibagi menjadi 8 orang perlakuan stading frame dan 8 orang kelompok kontrol. Data diambil berpa usia dan pengukuran kemampuan keseimbangan berdiri dengan alat ukur pediatric balance scale.Hasil penelitian : berdasarkan uji beda pengaruh menggunakan uji mann whitney test didapatkan hasil nilai sig. (2-tailed) p 0,003 < 0,05, maka dapat disimpulkan terdapat pengaruh penambahan standing frame dengan tanpa penambahan standing frame terhadap keseimbangan berdiri pada anak cerebral palsy diplegi.Kesimpulan : data disimpulkan ada beda pengaruh pada kelompok penambahan standing frame dan kelompok kontrol untuk keseimbangan berdiri pada anak cerebral palsy diplegi. Kata kunci : cerebral palsy, diplegi, standing frame, pediatric balance scale, keseimbangan berdiri.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | cerebral palsy, diplegi, standing frame, pediatric balance scale, keseimbangan berdiri |
Subjects: | R Medicine > R Medicine (General) R Medicine > RJ Pediatrics |
Divisions: | Fakultas Ilmu Kesehatan > Fisioterapi |
Depositing User: | ARIES WAZAR |
Date Deposited: | 15 Aug 2018 03:38 |
Last Modified: | 15 Aug 2018 03:39 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/66616 |
Actions (login required)
View Item |