Pelaksanaan Sanksi Arak Bugil Oleh Masyarakat:Perspektif Undang-Undang Perlindungan Anak (Studi Kasus di Wilayah Hukum Sragen)

PAMUNGKAS, SEPTIANTO AJI and , Kuswardani, S.H., M.Hum., (2018) Pelaksanaan Sanksi Arak Bugil Oleh Masyarakat:Perspektif Undang-Undang Perlindungan Anak (Studi Kasus di Wilayah Hukum Sragen). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (NASKAH PUBLIKASI)
NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (540kB)
[img] PDF (HALAMAN DEPAN)
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (243kB)
[img] PDF (BAB I)
BAB I.pdf

Download (134kB)
[img] PDF (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (347kB) | Request a copy
[img] PDF (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (517kB) | Request a copy
[img] PDF (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (205kB) | Request a copy
[img] PDF (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf

Download (13kB)
[img] PDF (PERNYATAAN PUBLIKASI ILMIAH)
SURAT PERNYATAAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (50kB) | Request a copy

Abstract

Hukum dan tradisi yang ada di masyarakat tak jarang melanggar peraturan hukum yang berlaku di negara Indonesia. Pelanggaran tersebut seperti tindakan main hakim sendiri arak bugil kepada anak. Permasalahan dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimanakah pendapat masyarakat mengenai pelaksanaan sanksi arak bugil terhadap anak sebagai korban arak bugil? (2) Bagimanakah pengaturan hukum pidana dalam memberikan perlindungan hukum terhadap anak korban arak bugil? (3) Bagaimanakah sanksi hukum pidana terhadap pelaku arak bugil dengan korban anak. Metode yang digunakan adalah pendekatan hukum yuridis empiris. Hasil peneliian dan pembahasan dalam skripsi ini adalah pendapat masyarakat mengenai pelaksanaan sanksi arak bugil terhadap anak sebagai korban arak bugil yaitu mereka mengetahui arak bugil tidak baik dan bukan merupakan hukum adat, tetapi arak bugil dilakukan karena factor pelaku, pengaturan hukum pidana dalam memberikan perlindungan hukum terhadap anak korban arak bugil dilakukan melalui perlinudngan hukum formil dan materiil, Sanksi hukum pidana terhadap pelaku arak bugil dengan korban anak diatur di dalam Kitab Undang-undang Hukum pidana dan Undang-undanf di luar Kitabh Undang-Undang Hukum Pidana yaitu Undang-undang perlindungan anak, Pornografi, dan ITE.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Naked paraded, Child Protection, Society
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum > Hukum
Depositing User: SEPTIANTO AJI PAMUNGKAS
Date Deposited: 14 Aug 2018 06:32
Last Modified: 14 Aug 2018 06:32
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/66337

Actions (login required)

View Item View Item