PENGARUH TATA LETAK PRODUK DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA ASSALAAM HYPERMARKET

Suryaningsih, Diah (2008) PENGARUH TATA LETAK PRODUK DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA ASSALAAM HYPERMARKET. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF
A210040018.pdf

Download (108kB)
[img] PDF
A210040018.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (525kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh tata letak produk dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen. Jenis penelitian ini termasuk penelitian deskriptif yang menggambarkan keadaan obyek penelitian apa adanya. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh konsumen yang berbelanja di Assalaam Hypermarket. Sampel yang diambil sebanyak 100 orang responden diambil dengan teknik random sampling. Data yang diperlukan diperoleh melalui angket yang telah diuji validitas dan diuji reliabilitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi berganda, uji F, uji t, uji R2, serta sumbangan relatif dan efektif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) tata letak produk berpengaruh positif terhadap pengaruh kepuasan konsumen Assalaam Hypermarket. Terbukti dari hasil uji t yang memperoleh thitung sebesar = 4,954 diterima pada taraf signifikansi 5%. Kontribusi tata letak produk terhadap kepuasan konsumen adalah 17,1%. (2) Kualitas pelayanan berpengaruh positif terhadap kepuasan konsumen Assalaam Hypermarket. Terbukti dari hasil uji t yang memperoleh thitung sebesar = 7,711 diterima pada taraf signifikansi 5%. Kontribusi kualitas pelayanan terhadap Kepuasan Konsumen adalah 35,2%. (3) tata letak produk dan kualitas pelayanan berpengaruh positif terhadap kepuasan konsumen Assalaam Hypermarket. Terbukti dari hasil uji F yang memperoleh Fhitung sebesar 53,236 diterima pada taraf signifikansi 5%. Persamaan regresi: Y = 28,200 + 0,716.X1 + 0,986.X2 yang menunjukkan bahwa kepuasan konsumen dipengaruhi oleh tata letak produk dan kualitas pelayanan. Tata letak produk dan kualitas pelayanan berpengaruh terhadap kepuasan konsumen sebesar 52,3%, sedangkan 47,7% sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: tata letak produk, kualitas pelayanan, kepuasan konsumen.
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 18 Nov 2008 06:40
Last Modified: 31 Jan 2011 03:53
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/663

Actions (login required)

View Item View Item