PENGARUH PARTISIPASI TERHADAP KEPUASAN PEMAKAI DALAM PENGEMBANGAN SISTEM INFORMASI DENGAN KOMPLEKSITAS TUGAS, KOMPLEKSITAS SISTEM DAN PENGARUH PEMAKAI SEBAGAI MODERATING VARIABEL (Survey pada Universitas Muhammadiyah Surakarta, Universitas Sebelas Maret dan Stmik Sinar Nusantara)

Afriyani, Erico (2008) PENGARUH PARTISIPASI TERHADAP KEPUASAN PEMAKAI DALAM PENGEMBANGAN SISTEM INFORMASI DENGAN KOMPLEKSITAS TUGAS, KOMPLEKSITAS SISTEM DAN PENGARUH PEMAKAI SEBAGAI MODERATING VARIABEL (Survey pada Universitas Muhammadiyah Surakarta, Universitas Sebelas Maret dan Stmik Sinar Nusantara). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF
B_200_020_073.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (492kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memberikan bukti empiris tentang hubungan antara partisipasi pemakai dengan kepuasan pemakai dalam pengembangan sistem informasi, dan apakah kompleksitas sistem, pengaruh pemakai, kompleksitas tugas, sebagai moderasi variabel terhadap hubungan antara partisipasi dan kepuasan pemakai dalam pengembangan sistem informasi. Populasi dari penelitian ini adalah, karyawan Universitas Muhhammadiyah Surakarta, Universitas Sebelas Maret (UNS) dan STMIK Sinar Nusantara dengan sampel karyawan pusat komunikasi (PUSKOM) yang terlibat dalam pengembangan sistem informasi. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner, dari 78 kuesioner yang kembali kepada peneliti sebanyak 33 kuesioner. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan Moderated Regression Analysis (MRA). Data diolah dengan menggunakan bantuan program SPSS versi. 11,5 sebelumnya terlebih dahulu data diuji dengan pengujian asumsi klasik yang terdiri dari uji normalitas, uji multikolinearitas, uji heterokedastisitas dan uji autokorelasi. Berdasarkan pengujian hipotesis diperoleh hasil bahwa variabel partisipasi pemakai dapat mempengaruhi kepuasan pemakai dalam pengambangan sistem informasi. Hal ini dapat dilihat pada persamaan pertama yang menghasilkan thitung sebesar 8,784 > ttabel (2,029) dengan tingkat signifikan 0,000 < 0,05. Dari ketujuh persamaan yang diuji, semua persamaan dinyatakan robush yaitu persamaan pertama dengan F hitung 77,151 dengan tingkat signifikan 0,000, persamaan kedua dengan F hitung sebesar 55,479 dengan tingkat signifikan 0,000, persamaan ketiga dengan F hitung 220,311 dengan tingkat signifikan 0,000, persamaan keempat dengan nilai F hitung 66,904 dengan tingkat signifikan 0,000, persamaan kelima dengan nilai F hitung 169,168 dengan tingkat signifikan 0,000, persamaan keenam dengan nilai F hitung 42,541 dengan tingkat signifikan 0,000 dan persamaan ketujuh dengan nilai F hitung 64,125 dengan tingkat signifikan 0,000 yang berada dibawah 0,05 maka model regresi ini dapat digunakan untuk memprediksi kepuasan pemakai atau dapat dikatakan bahwa partisipasi pemakai dapat mempengaruhi kepuasan pemakai. Partisipasi pemakai dan pengaruh pemakai dapat mempengaruhi kepuasan pemakai. Partisipasi pemakai, pengaruh pemakai, dan interaksi keduanya secara bersama-sama memberikan pengaruh terhadap kepuasan pemakai. Partisipasi pemakai dan kompleksitas tugas secara bersama-sama dapat mempengaruhi kepuasan pemakai. Partisipasi pemakai, kompleksitas tugas dan interaksi antara partisipasi pemakai dan kompleksitas tugas secara bersama-sama berpengaruh terhadap kepuasan pemakai. Partisipasi pemakai dan kompleksitas sistem dapat mempengaruhi kepuasan pemakai. Dan partisipasi pemakai, kompleksitas sistem, dan interaksi keduanya memberikan pengaruh terhadap kepuasan pemakai.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Partisipasi pemakai, kepuasan pemakai, Kompleksitas tugas, Kompleksitas sistem, Pengaruh pemakai.
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 03 Jul 2008 04:50
Last Modified: 09 May 2011 05:53
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/66

Actions (login required)

View Item View Item