Sarno, Sarno and Prof. Dr. Abdul, Ngalim M.M. and Dr. Maryadi, Dr. Maryadi M.A and Prof. Dr. Sutama, M. Pd, Prof. Dr. Sutama, M. Pd (2018) PENGELOLAAN PEMBELAJARAN PUISI DENGAN PETA KONSEP PADA SISWA KELAS TINGGI SD NEGERI JOGLO 76 SURAKARTA. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
PDF
Bab 1.pdf Download (135kB) |
|
PDF
Bab 2.pdf Download (493kB) |
|
PDF
Bab 3.pdf Download (283kB) |
|
PDF
Bab 4.pdf Download (514kB) |
|
PDF
Bab 5.pdf Download (32kB) |
|
PDF
Daftar Pustaka.pdf Download (142kB) |
|
PDF
Lampiran.pdf Download (2MB) |
|
PDF (Surat Pernyataan)
Surat Pernyataan Sarno.pdf Download (533kB) |
|
PDF
Halaman Depan.pdf Download (977kB) |
|
PDF
Naskah PI.pdf Download (710kB) |
Abstract
Ada 4 tujuan yang akan dideskripsikan dalam penelitian ini. (1) Penyiapan kurikulum pembelajaran puisi dengan peta konsep (2) Penyiapan guru kelas dalam pembelajaran puisi dengan peta konsep (3) Pelaksanaan pembelajaran puisi dengan peta konsep (4) Evaluasi pelaksanaan pembelajaran puisi dengan peta konsep pada siswa kelas tinggi SD Negeri Joglo 76 Surakarta. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan etnografi. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan menggunakan beberapa tahap yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Pengujian keabsahan data dilakukan dengan menggunakan teknik triangulasi sumber dan teknik. Hasil dari penelitian menyimpulkan (1) dalam proses penyiapan kurikulum pembelajaran puisi dengan peta konsep dimulai dari workshop penyiapan perangkat pembelajaran berupa Silabus, Program Tahunan, Program Semester, RPP tentang peta konsep. Hal ini dilakukan karena puisi memiliki unsur-unsur yang banyak dan banyaknya materi pelajaran lain yang harus diajarkan di kelas. (2) Penyiapan guru kelas dalam pembelajaran puisi dengan peta konsep. Kepala sekolah menyusun program peningkatan kualifikasi pendidikan terhadap gurunya. Kepala sekolah mengarahkan guru untuk mengikuti seminar dan pelatihan yang diselenggarakan oleh dinas pendidikan. Memfasilitasi guru demi terselenggaranya KKG (Kelompok Kerja Guru). Selain itu, kepala sekolah berupaya meningkatkan kesejahteraan guru. (3) Pelaksanaan pembelajaran puisi dengan peta konsep. Implementasi tujuan pembelajaran yang dicantumkan dalam RPP sesuai dengan SK, KD, dan Indikator. Penggunaan materi pembelajaran yang tercantum dalam RPP. Pelaksanaan metode pembelajaran menggunakan ceramah, tanya jawab, diskusi, dan penugasan. Pelaksanaan pembelajaran berupa kegiatan awal, kegiatan inti, dan kegiatan penutup. Penggunaan media pembelajaran menggunakan Lembar Kerja Peta Konsep dan LCD. Pelaksanaan penilaian pembelajaran yakni kognitif, afektif, dan psikomotorik. (4) Evaluasi dalam pelaksanaan pembelajaran puisi dengan peta konsep Kepala sekolah menyiapkan instrument supervise dan melaksanakan supervisi untuk melihat tingkat keberhasilan guru dalam pembelajaran puisi dengan peta konsep di kelas dan melakukan pembinaan terhadap hasil supervisi. Kata kunci: pengelolaan, pembelajaran, puisi, peta konsep ABSTRACT Sarno. Q100150055. Management of Poetry Learning with Concept Map in High School Students of Joglo’s Elementary School 76 Surakarta. Thesis. Graduate Program of Muhammadiyah University of Surakarta. 2018. This study aims to describe 4 things. (1) preparation of curriculum of poetry learning with concept map (2) preparation of classroom teacher in poetry learning with concept map (3) implementation of poetry learning with concept map (4) evaluation of poetry learning implementation with concept map at high class student Joglo’s Elemtary School 76 Surakarta. This research uses qualitative research with ethnography approach. Techniques of collecting data through interviews, observation and documentation. Data analysis technique is done by using several stages of data collection, data reduction, data presentation, and data verification. Testing the validity of data is done by using triangulation technique of source and technique. The results of the study concluded (1) in the process of preparing the curriculum of poetry learning with concept maps starting from the workshop preparation of learning tools in the form of Syllabus, Annual Program, Semester Program, RPP about concept map. This is done because poetry has many elements and many other subject matter that must be taught in the classroom. (2 Preparation of class teachers in poetry learning with concept maps. The principal prepares an education qualification improvement program for his teacher. The school principal directs the teacher to attend seminars and training organized by the education office. Facilitating teachers for the implementation of the Teacher Working Group. In addition, the principal tries to improve the welfare of teachers. (3) Implementation of poetry learning with mind mapping. Implementation of learning objectives listed in the RPP in accordance with SK, KD, and Indicators. Use of learning materials listed in the RPP. The implementation of learning methods uses lectures, question and answer, discussions, and assignments. Implementation of learning in the form of initial activities, core activities, and closing activities. Use of instructional media using Mind Mapping and LCD Worksheets. Learning assessment is cognitive, affective, and psychomotor. (4) Evaluation in the implementation of poetry learning with mind mapping The principal prepares the supervision instrument and conducts supervision to see the teacher's success level in poetry learning with the mind mapping in the class and conducts the supervision of the supervision result.
Item Type: | Karya ilmiah (Thesis) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | management, learning, poetry, mind mapping. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Pasca Sarjana > Magister Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | Sarno |
Date Deposited: | 11 Aug 2018 07:53 |
Last Modified: | 11 Aug 2018 07:53 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/65931 |
Actions (login required)
View Item |