ARQOM , ZAM ZAM ABIL (2009) DESIGN PENETAPAN TARIF BUS PATAS AC PO. LANGEN MULYO JURUSAN SURAKARTA YOGYAKARTA. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF
D100990097.pdf Download (65kB) |
|
PDF
D100990097.pdf Restricted to Repository staff only Download (7MB) |
Abstract
Bus sebagai salah satu sarana transportasi untuk menunjang kebutuhan pokok masyarakat yang keberadaannya memerlukan penanangan secara baik dan benar. Pelayanan dan penetapan tarif yang tepat sangat diperlukan dalam penyelenggaraan angkutan umum, agar tidak menimbulkan masalah bagi masyarakat. Secara lengkap penelitian tugas akhir ini bertujuan untuk menganalisa biaya operasional kendaraan dan desain penetapan tarif bus patas AC untuk angkutan umum bus jurusan Surakarta-Yogyakarta khususnya bus Langen Mulyo. Metode yang digunakan dalam penelitian iniadalah metode Inferensial (meneliti keadaan objek dan memberikan kesimpulan). Adapun analisa kerja yang ditinjau antara lain adalah kecepatan perjalanan (travel speed), faktor muat (lood factor), ketersediaan kendaraan (availability), dan waktu tempuh. Data yang digunakan dalam penelitian ini seluruhnya adalah data primer dan data sekunder yang diperoleh dari perusahaan tobus PO. Langen Mulyo jurusan Surakarta-Yogyakarta ini yang berkantor pusat di jalan Brigjen Katamso No. 55 yogyakarta. Adapun data Primer yang diperoleh adalah waktu pemberangkatan dari terminal asal, waktu tiba di terminal tujuan, jarak tempuh, waktu tempuh, jumlah penumpang naik turun, kapasitas kendaraan, ruas jalan yang dilalui, dan tarif yang diberlakukan pada saat penelitian berlangsung. Sedangkan untuk data sekunder yang diperoleh adalam komponen biaya operasi kendaraan dan jumlah armada yang beroperasi dan total keseluruhan armada. Selanjutnya data-data tersebut diolah dan dianalisa untuk mendapatkan parameter desain penetapan tarif untu bus patas AC jurusan Surakarta-Yogyakarta tersebut. Hasil analisa menunjukkan bahwa kinerja bus jurusan Surakarta-Yogyakarta khususnya bus Langen Mulyo telah mengikuti standar yang telah ditetapkan oleh pemerintah apabila ditinjau dari kecepatan rata-rata bus sebesar 44.65 km/jam karena standar kecepatan minimum yang ditetapkan oleh pemerintah 30 km/jam, Lood Factor bus sebesar 50,32% apabila diukur berdasarkan standar yang ditetapkan sebesar 70%-100% maka Lood Factor bus Langen Mulyo tidak memenuhi standar, BOK untuk bus Langen Mulyo Rp. 3343, 01,- .Sedangkan tarif penumpang di lapangan untuk bus Langen Mulyo sebesar Rp 9.000,-, tarif berdasarkan BOK untuk bus Langen Mulyo sebesar Rp 10040.89,- dan berdasarkan Lood Factor 70% sebesar Rp 7217.65,- desain tarif untuk bus patas AC berdasarkan BOK dengan Lood Factor 70% sebesar Rp 13063.28,-, desain tarif berdasarkan BOK bus regular ditambah fasilitas tambahan sebesar Rp 8354.62,- Serta tarif yang diinginkan konsumen sebesar Rp. 11.000,-.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Analisis, Biaya Operasional Kendaraan (BOK), Tarif |
Subjects: | T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Fakultas Teknik > Teknik Sipil |
Depositing User: | Mrs. Gatiningsih Gatiningsih |
Date Deposited: | 25 Feb 2010 08:50 |
Last Modified: | 15 Nov 2010 12:03 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/6579 |
Actions (login required)
View Item |