ARI , DANU DWI (2009) ANALISIS ANTRIAN PENUMPANG DI BANDARA ADI SUMARMO SURAKARTA. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF
D100020071.pdf Download (51kB) |
|
PDF
D100020071.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Antrian merupakan konsekuensi dari relatif mahal dan terbatasnya suatu fasilitas pelayanan. Sistem antrian dapat terjadi pada berbagai tempat dan waktu, salah satunya pada loket pembelian tiket pesawat di Bandara Internasional Adi Sumarmo Surakarta. Analisis terhadap sistem antrian perlu dilakukan untuk meningkatkan kinerja pelayanan dalam rangka mencapai kepuasan konsumen. Secara khusus penelitian dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui kondisi existing dan parameter sistem antrian yang meliputi jumlah pelanggan dalam sistem, jumlah pelanggan dalam antrian, lama pelanggan dalam sistem, dan lama pelanggan dalam antrian. Penelitian ini dilakukan pada 3 loket masing-masing dari maskapai penerbangan Garuda, Sriwijaya, dan Silk Air. Data yang dikumpulkan meliputi data waktu kedatangan pelanggan, waktu pelanggan mulai dilayani, waktu pelanggan selesai dilayani, dan beberapa data sekunder seperti jadwal kedatangan pesawat, denah bandara, dan lain sebagainya. Tiap loket mewakili sistem antrian FIFO single server, dengan tingkat kedatangan berdistribusi Poisson dan waktu pelayanan berdistribusi Exponential. Pengujian distribusi dilakukan dengan metode Chi Square Goodness of Fit Test. Berdasarkan perhitungan diketahui bahwa tingkat kedatangan () calon penumpang loket maskapai Garuda, Sriwijaya, dan Silk Air berturut-turut masing-masing adalah 0,854 orang / menit, 0,881 orang / menit, dan 0,867 orang / menit. Adapun rata-rata waktu pelayanan (dan tingkat pelayanan) dari ketiganya yaitu 0,566 menit ( = 1,767 orang / menit), 0,456 menit ( = 2,192 orang / menit), dan 0,418 menit ( = 2,394 orang / menit). Distribusi frekuensi jumlah kedatangan dan waktu pelayanan dari ketiga loket masing-masing memenuhi pola distribusi Poisson dan Exponential. Perhitungan parameter antrian menghasilkan angka-angka sebagai berikut. Jumlah pelanggan dalam sistem dari ketiga loket dan rata-rata keseluruhan berturut-turut adalah 0,936 orang / menit, 0,673 orang / menit, 0,568 orang / menit, dan 0,694 orang / menit. Jumlah pelanggan dalam antrian adalah 0,452 orang / menit, 0,270 orang / menit, 0,206 orang / menit, dan rata-rata 0,284 orang / menit. Lama pelanggan dalam sistem adalah 1,096 menit, 0,763 menit, 0,655 menit, dan rata-rata 0,800 menit. Lama pelanggan dalam antrian adalah 0,530 menit, 0,307 menit, 0,237 menit, dan rata-rata 0,328 menit. Berdasarkan angka-angka tersebut dapat disimpulkan bahwa secara umum antrian-antrian tersebut dalam kondisi steady state dimana loket Garuda adalah yang tersibuk dibandingkan yang lain.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Antrian, Pesawat, Chi Square |
Subjects: | T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Fakultas Teknik > Teknik Sipil |
Depositing User: | Mrs. Gatiningsih Gatiningsih |
Date Deposited: | 25 Feb 2010 07:56 |
Last Modified: | 18 May 2011 05:02 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/6559 |
Actions (login required)
View Item |