DESAIN PENETAPAN TARIF DAN KARAKTERISTIK BUS EXECUTIVE PO. RAYA JURUSAN SOLO - JAKARTA

Hermawan , Ridho Candra (2009) DESAIN PENETAPAN TARIF DAN KARAKTERISTIK BUS EXECUTIVE PO. RAYA JURUSAN SOLO - JAKARTA. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF
D100020037.pdf

Download (49kB)
[img] PDF
D100020037.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (645kB)

Abstract

Bus sebagai salah satu sarana transportasi untuk menunjang kebutuhan pokok masyarakat yang keberadaanya memerlukan penanganan secara baik dan benar. Pelayanan dan penetapan tarif yang tepat sangat diperlukan dalam penyelenggaraan angkutan umum, agar tidak menimbulkan masalah bagi masyarakat. Secara lengkap penelitian tugas akhir ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik, mengetahui biaya operasional kendaraan (BOK), mengetahui besarnya tarif berdasarkan BOK, mengetahui besarnya tarif yang terjangkau oleh pengguna atau masyarakat,dan juga mengetahui besarnya pendapatan serta kelayakan tarif angkutan umum bus jurusan Solo-Jakarta khususnya bus Executive PO. Raya. Karakteristik yang ditinjau antara lain adalah waktu tempuh, kecepatan perjalanan (travel speed), jumlah penumpang, faktor muat (load factor), ketersediaan kendaraan (availability). Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder, data primer diperoleh dari pengamatan langsung dilapangan, sedangkan data sekunder diperoleh dari perusahaan otobus PO. Raya yang berpusat di Jalan Brigjen Sudiarto (Gading Kidul) Solo. Adapun data primer yang diperoleh adalah waktu pemberangkatan dari terminal asal dan waktu tiba diterminal tujuan, sedangkan data sekunder yang diperoleh adalah jarak tempuh, komponen BOK, jumlah penumpang, jumlah armada, tarif yang diberlakukan, rute angkutan. Selanjutnya data-data tersebut diolah dan dianalisa untuk mendapatkan parameter kelayakan tarif dan kinerja bus Executive PO. Raya jurusan Solo-Jakarta tersebut. Hasil analisa menunjukkan bahwa kinerja bus Executive PO. Raya jurusan Solo-Jakarta telah memenuhi standar yang telah ditetapkan oleh pemerintah apabila ditinjau dari kecepatan rata-rata bus Executive PO. Raya sebesar 48,16 km/jam karena standar kecepatan minimum yang ditetapkan oleh pemerintah sebesar 30 km/jam, load factor bus Executive PO. Raya sebesar 91,15 % apabila diukur berdasarkan standar yang ditetapkan sebesar 70% - 100% maka load factor bus Executive PO. Raya telah memenuhi standar, BOK untuk bus Executive PO. Raya sebesar Rp 4.098,84/km. Sedangkan tarif penumpang di lapangan sebesar Rp 165.000,-. Tarif sesuai BOK sebesar Rp 124.795,77. BCR (Benefit Cost Ratio) untuk bus Executive PO. Raya sebesar 1,45 dan NPV (Net Present Value) Rp 31.546.901,24. Dari hasil analisa tersebut dapat dilihat bahwa kinerja bus Executive PO. Raya layak bila ditinjau dari aspek ekonomis, karena dengan tarif tersebut pemilik perusahaan otobus mengalami keuntungan.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Biaya Operasional Kendaraan (BOK), BCR, NPV, dan Tarif
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Sipil
Depositing User: Mrs. Gatiningsih Gatiningsih
Date Deposited: 25 Feb 2010 07:48
Last Modified: 15 Nov 2010 12:18
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/6556

Actions (login required)

View Item View Item