EVALUASI KINERJA TERMINAL (Studi Kasus Terminal Tirtonadi Sebelah Timur Surakarta)

SUHARNO, SUHARNO (2009) EVALUASI KINERJA TERMINAL (Studi Kasus Terminal Tirtonadi Sebelah Timur Surakarta). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF
D100000095.pdf

Download (27kB)
[img] PDF
D100000095.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Transportasi memiliki peranan yang sangat penting dan potensial dalam pencapaian pembangunan nasional, dengan lancarnya transportasi hasil-hasil pembangunan, transportasi juga dapat juga membuka keterisolisian wilayah pedalaman dan terpencil. Perencanaan dan pembangunannya perlu ditata dan dibentuk dalam satu kesatuan yang terpadu. Untuk menciptakan keterpaduan jaringan transportasi secara lancar dan tertib, maka perlu dibangun dan diselenggarakan terminal. Terminal Surakarta adalah terminal tipe A yang berfungsi sebagai transit rute bus Antar Kota Antar Propinsi (AKAP ) dan Antar Kota Dalam Propinsi (AKDP). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengevaluasi kinerja serta fasilitas-fasilitas yang ada dalam Terminal Surakarta. Penelitian dilakukan selama tiga hari yaitu hari Senin tanggal 14 Mei 2007, Rabu 16 Mei 2007 dan Sabtu 19 Mei 2007 pada pukul 06.00 WIB – 18.00 WIB. Materi penelitian adalah bus Antar Kota Antar Propinsi (AKAP), bus Antar Kota Dalam Propinsi (AKDP) dan bus Angkutan Pedesaan (ADES) yang menggunakan fasilitas parkir di Terminal Surakarta. Data yang diambil berupa data primer dari survei dilapangan dan data sekunder dari instansi terkait. Data primer yang diambil adalah jumlah bus yang masuk maupun keluar terminal dan waktu kedatangan (masuk) maupun keberangkatan (keluar) dari terminal. Hasil survei kemudian dianalisa dan dibandingkan dengan standarisasi yang ada. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulakan bahwa areal parkir di Terminal Surakarta mampu untuk menampung bus yang parkir, Terminal Surakarta kurang luas sebagai terminal tipe A dan sebagian besar sudah memenuhi standarisasi terminal tipe A walaupun ada beberapa fasilitas yang kurang memenuhi standarisasi.Diperlukan adanya perluasan pada areal parkir sebab areal parkir yang tersedia tidak mampu untuk menampung bus yang keluar masuk dan parkir di Terminal Surakarta. Hasil penelitian : headway tertinggi untuk bus AKAP,AKDP sebesar 1,73 menit dan ADES sebesar 2,27 menit. Akumulasi parkir maksimum harian tertinggi untuk bus AKAP, AKDP adalah 27 bus dengan interval waktu 15 menit terjadi pada hari Senin, untuk bus ADES adalah 17 bus dengan interval waktu 15 menit terjadi pada hari Senin. Volume parkir harian tertinggi untuk bus AKAP, AKDP terjadi pada hari Senin dengan jumlah 476 bus, untuk bus ADES adalah 338 bus terjadi pada hari Senin. Tingkat turnover tertinggi untuk bus AKAP, AKDP sebesar 7.00 bus/hari/ruang, untuk bus ADES sebesar 17.79 bus/hari/ruang dan tingkat turnover rata-rata untuk bus AKAP,AKDP sebesar 6.57 bus/hari/ruang, untuk bus ADES sebesar 16.84 bus/hari/ruang. Indeks parkir maksimum tertinggi bus AKAP, AKDP adalah 40 % dan untuk bus ADES adalah 89 % ,dibawah 100 %.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: terminal, kapasitas, kinerja, parkir.
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Sipil
Depositing User: Mrs. Gatiningsih Gatiningsih
Date Deposited: 25 Feb 2010 07:20
Last Modified: 15 Nov 2010 12:25
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/6548

Actions (login required)

View Item View Item