Lestari, Atikah (2008) PENGARUH STATUS ANAK DALAM KELUARGA DAN PARTISIPASINYA DALAM INTERAKSI EDUKATIF TERHADAP PRESTASI BELAJAR DI SMA MUHAMMADIYAH 2 SURAK. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF
A210040032.pdf Download (90kB) |
|
PDF
A210040032.pdf Restricted to Repository staff only Download (364kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: status anak dalam keluarga dan partisipasi siswa dalam interaksi edukatif terhadap prestasi belajar siswa. Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif yang disertai dengan pengujian hipotesis. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Muhammadiyah 2 Surakarta berjumlah 150 orang. Sampel yang diambil sebanyak 75 orang siswa (50%) yang diambil dengan teknik random sampling. Data yang diperlukan diperoleh melalui angket yang telah diujicobakan terlebih dahulu dan diuji validitas serta diuji reliabilitas. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi berganda, uji F, uji t, uji R2, serta sumbangan relatif dan efektif. Hasil analisis menunjukkan bahwa: (1) Status anak berpengaruh positif terhadap prestasi belajar siswa kelas X SMA Muhammadiyah 2 Surakarta tahun pelajaran 2007/2008. Terbukti dari hasil analisis regersi memperoleh nilai thitung X1 sebesar 3,922 lebih besar dari ttabel pada taraf signifikansi 5%. Kontribusi status anak dalam meningkatkan prestasi belajar siswa adalah sebesar 15,7%. (2) Partisipasi dalam interaksi edukatif berpengaruh positif terhadap prestasi belajar siswa kelas X SMA Muhammadiyah 2 Surakarta tahun pelajaran 2007/2008. Terbukti dari hasil analisis regersi memperoleh nilai thitung X2 sebesar 4,487 lebih besar dari ttabel pada taraf signifikansi 5%. Kontribusi partisipasi dalam interaksi edukatif dalam meningkatkan prestasi belajar siswa adalah sebesar 20%. (3) Status anak dan partisipasi dalam interaksi edukatif berpengaruh positif terhadap prestasi belajar siswa kelas X SMA Muhammadiyah 2 Surakarta tahun pelajaran 2007/2008. Hal ini terbukti dari hasil analisis regresi yang memperoleh Fhitung > Ftabel yaitu 19,960 > 3,15 pada taraf signifikansi 5%. Hasil persamaan garis regresi adalah sebagai berikut: Y = 71,980 + 3,837.X1 + 1,241.X2. Secara keseluruhan status anak dan partisipasi dalam interaksi edukatif mampu meningkatkan prestasi belajar siswa sebesar 35,7%.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | status anak dalam keluarga, partisipasi siswa dalam interaksi edukatif, prestasi belajar siswa |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 18 Nov 2008 03:09 |
Last Modified: | 31 Jan 2011 04:40 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/653 |
Actions (login required)
View Item |