HUBUNGAN RUTINITAS BELAJAR DAN NILAI BELAJAR DASAR-DASAR AKUNTANSI KEUANGAN DENGAN HASIL BELAJAR PRAKTIK AKUNTANSI SISWA KELAS X BIDANG KEAHLIAN AKUNTANSI SMK MUHAMMADIYAH DELANGGU TAHUN 2007-2008

Sunarto, Sunarto (2008) HUBUNGAN RUTINITAS BELAJAR DAN NILAI BELAJAR DASAR-DASAR AKUNTANSI KEUANGAN DENGAN HASIL BELAJAR PRAKTIK AKUNTANSI SISWA KELAS X BIDANG KEAHLIAN AKUNTANSI SMK MUHAMMADIYAH DELANGGU TAHUN 2007-2008. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF
A210040001.pdf

Download (2MB)
[img] PDF
A210040001.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah : (1) Untuk mengetahui sejauh mana hubungan rutinitas belajar dasar-dasar akuntansi keuangan dengan hasil belajar praktik akuntansi (2) Untuk mengetahui sejauh mana hubungan nilai dasar-dasar akuntansi dengan hasil belajar praktik akuntansi (3) Untuk mengetahui sejauh mana hubungan rutinitas belajar dan nilai belajar dasar-dasar akuntansi secara bersama-sama dengan hasil belajar praktik akuntansi. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan melakukan pengujian hipotesis. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas X jurusan akuntansi SMK Muhammadiyah Delanggu. Populasi dalam penelitian ini adalah 65 siswa. Sampel yang digunakan sebesar 55 siswa dari total populasi. Teknik pengumpulan sampel dengan sampling area. Data diperoleh melalui angket dan dokumentasi, angket sebelumnya diuji validitasnya dan reliabelitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah korelasi parsial, korelasi berganda, analisis regresi berganda, uji Fdan uji t. Hasil analisis memeperoleh kesimpulan bahwa : (1) Terdapat hubungan positif dan signifikan antara rutinitas belajar dengan hasil belajar praktik akuntansi. Hal ini terbukti dari koefisien korelasi r sebesar 0,553 lebih besar dari rtabel pada taraf signifikansi 5% (0,266). (2) Terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara nilai belajar dasar-dasar akuntansi dengan hasil belajar praktik akuntansi. Hal ini terbukti dari koefisien korelasi r sebesar 0,484 lebih besar dari rtabel pada taraf signifikansi 5% (0,266). (3) Terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara rutinitas belajar dan nilai belajar dasar-dasar akuntansi dengan hasil belajar praktik akuntansi. Hal ini terbukti dari koefisien korelasi R sebesar 0,663 lebih besar dari r pada taraf signifikansi 5% (0,266). Sedangkan koefisien determinasi R sebesar 0,439 menunjukkan pengaruh rutinitas dan nilai belajar dasar akuntansi terhadap praktik akuntansi sebesar 43,9%.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: rutinitasbelajar, nilai belajar dasar-dasar akuntansi, hasil belajar praktik akuntansi.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 18 Nov 2008 03:00
Last Modified: 31 Jan 2011 04:49
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/652

Actions (login required)

View Item View Item