PENINGKATAN KETERAMPILAN MENYIMAK DENGAN TEKNIK MENJAWAB PERTANYAAN PADA PESERTA DIDIK KELAS X-5 SMA N 1 SIGALUH KABUPATEN BANJARNEGARA

Fathurohman, Irfai (2008) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENYIMAK DENGAN TEKNIK MENJAWAB PERTANYAAN PADA PESERTA DIDIK KELAS X-5 SMA N 1 SIGALUH KABUPATEN BANJARNEGARA. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF
A310040034.pdf

Download (85kB)
[img] PDF
A310040034.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (635kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah 1) untuk mengidentifikasi pembelajaran menyimak pada peserta didik dengan menggunakan teknik menjawab pertanyaan, 2) memaparkan aktifitas peserta didik dalam mengikuti pembelajaran pada keterampilan menyimak dengan menggunakan teknik menjawab pertanyaan, 3) memaparkan persepsi dan tanggapan peserta didik dalam mengikuti pembelajaran menyimak dengan menggunakan teknik menjawab pertanyaan, 4) untuk mengetahui kemampuan peserta didik setelah mengikuti pembelajaran menyimak dengan menggunakan teknik menjawab pertanyaan dalam pembelajaran Bahasa Indonesia pada kelas X-5 SMA Negeri 1 Sigaluh, Banjarnegara. Penelitian ini mengambil lokasi di SMA N 1 Sigaluh, Banjarnegara. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK), subyek yang menerima tindakan peserta didik kelas X-5 tahun 2007/2008 SMA Negeri 1 Sigaluh Banjarnegara yang berjumlah 38 peserta didik. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, catatan lapangan dan dokumentasi. Keabsahan data diperiksa dengan trianggulasi penyidik. Data dianalisis secara deskriptif kualitatif model alur yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini, adalah 1) aktifitas mengerjakan soal latihan meningkat yaitu sebelum penelitian 7,89%, pada putaran I 18,42%, putaran II 39,47%, dan putaran III 71,05%. Aktifitas mengerjakan soal di depan kelas meningkat, yaitu sebelum penelitian 7,89%, putaran I 13,15%, putaran II 34,21%, dan putaran III 52,63%. Aktifitas bertanya meningkat, yaitu sebelum penelitian 10,52%, putaran I 21,05%, Putaran II 39,47%, dan putaran III 57,89%. 2) Tanggapan peserta didik meningkat, yaitu sebelum penelitian 10,52%, putaran I 23,68%, putaran II 39,47%, dan putaran III 55,26%. 3) Kemampuan peserta didik meningkat, yaitu sebelum penelitian 7,89%, putaran I 15,05%, putaran II 71,05%, dan putaran III 97,36%.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Peningkatan, keterampilan menyimak, dan teknik menjawab pertanyaan.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 13 Nov 2008 03:41
Last Modified: 08 Apr 2011 09:57
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/648

Actions (login required)

View Item View Item