SURITNO, Suritno (2009) STUDI TENTANG FAKTOR-FAKTOR KENAKALAN SISWA DAN PENANGGULANGANNYA DI SMU BHAKTI KARYA KALORAN TEMANGGUNG TAHUN 2009/2010. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF
G000060055.pdf Download (142kB) |
|
PDF
G000060055.pdf Restricted to Repository staff only Download (447kB) |
Abstract
Dalam skripsi ini penulis mengangkat judul : “ Studi Tentang Faktor-Faktor Kenakalan Siswa dan Penanggulangannya di SMU Bhakti Karya Kaloran Temanggung Tahun 2009/2010” Rumusan masalah dalam penelitian adalah: 1) Faktor-faktor apa saja penyebab timbulnya kenakalan remaja dan apa akibat yang ditimbulkan, dan 2) Bagaimana usaha-usaha yang dilakukan sekolah dalam menanggulangi kenakalan siswa di SMU Bhakti Karya Kaloran Temanggung. Tujuan penelitian ini adalah : 1) Untuk mengetahui penyebab timbulnya kenakalan remaja dan apa akibat yang ditimbulkan, dan 2) Untuk mengetahui usaha-usaha yang dilakukan sekolah dalam menanggulangi kenakalan siswa di SMU Bhakti Karya Kaloran Temanggung. Metode penentuan subyek dalam penelitian ini menggunakan purposive sample yaitu dengan pemilihan sekelompok subyek didasarkan atas ciri-ciri tertentu yang dipandang mempunyai sangkut paut yang erat dengan ciri-ciri populasi yang sudah diketahui sebelumnya. Metode pengumpulan data dengan cara : observasi, wawancara, dan dokumentasi. Metode analisis data menggunakan pendekatan kualitatif. Kesimpulan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Faktor penyebab timbulnya kenakalan siswa digolongkan menjadi 2 yaitu faktor khusus dan faktor umum. Faktor khusus berasal dari lingkungan keluarga, dalam diri anak itu sendiri, lingkungan sekolah dan lingkungan masyarakat. Sedang faktor umum terbagi menjadi dua yaitu bersifat langsung dan tidak langsung. 2) Akibat dari kenakalan remaja mempunyai akibat negatif, baik terhadap diri pelakunya, keluarga maupun masyarakat di sekitarnya, dimana hal ini sangat merugikan, terutama pada pelakunya serta orang tua , karena dengan sering melakukan kenakalan maka hasil prestasinya belajar akan jelek atau bahkan bisa memalukan diri sendiri maupun keluarga. Hal inilah yang membuat keprihatinan baik oleh guru maupun orang tua dan 3) Usaha menanggulangi kenakalan siswa dengan tindakan preventif, kuratif, tindakan pembinaan dan dengan cara bimbingan konseling Islami dengan tujuan agar individu menjadi muslim yang bahagia dunia dan akhirat. Untuk mencapai tujuan umum tersebut dalam proses konseling perlu dibangun kemandirian individu sebagai pribadi muslim
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | kenakalan siswa, bimbingan konseling |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | Mrs Esti Handayani |
Date Deposited: | 23 Feb 2010 07:56 |
Last Modified: | 15 Nov 2010 13:19 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/6456 |
Actions (login required)
View Item |