NUGROHO, KURNIA AGUNG WAHYU (2009) BIMBINGAN DAN KONSELING DENGAN PEMBINAAN AKHLAQ SISWA KELAS VII DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI (MTsN) BEKONANG SUKOHARJO TAHUN AJARAN 2009/2010. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF
G000050031.pdf Download (209kB) |
|
PDF
G000050031.pdf Restricted to Repository staff only Download (797kB) |
Abstract
Latar belakang dari penelitian ini adalah bimbingan dan konseling tidak dapat dipisahkan dalam dunia pendidikan, siswa di tempatnya belajar akan mengalami banyak kendala dan hambatan sebagai akibat dari proses adaptasi, perubahan fisik dan rohani siswa, serta pengaruh dari lingkungan sekitar, baik yang bersifat eksternal maupun internal, ketidaksiapan siswa terhadap masalah ini kecenderungan akan mengarah pada perilaku menyimpang seperti kenakalan, akhlaq yang kurang baik dan nilai akademis yang rendah. Peran dan tugas bimbingan dan konseling untuk menangani masalah siswa sangat diperlukan, dengan program dan layanan BK/BP diharapkan akan mengurangi masalah yang dihadapi siswa, sehingga perilaku menyimpang dari siswa dapat dihindari dengan memberikan masukan, solusi dan tendakan nyata dari bimbingan dan konseling. Rumusan masalah dari peneitian ini adalah adakah hubungan bimbingan dan konseling dengan pembinaan akhlaq siswa kelas VII di Madrasah Tsanawiyah Negeri Bekonang Sukoharjo Tahun ajara 2009/2010. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan bimbingan dan konseling dengan pembinaan akhlaq siswa kelas VII Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) Bekonang Sukoharjo tahun ajaran2009/2010. Jenis penelitian yang digunakan studi deskriptif kuantitatif dengan pencarian data mengenai bimbingan dan konseling dan pembinaan akhlaq di Madrasah Tsanawiyah Negeri Bekonang. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII dan guru MTsN Bekonang Sukoharjo. Sumber data yang digunakan data primer dan data sekunder, yaitu melalui penyebaran angket dan wawancara. Teknik analisis data dengan menggunakan korelasi product moment, dari berbagai data dari lapangan, yang kemudian data dari lapangan yang berupa angka diolah dan analisis, sehingga menghasilkan data yang dapat menunjukkan hasil kemudian disajikan data secara narasi sehingga menjadi runtutan pendapat yang memperjelas mengenai hubungan bimbingan dan konseling dengan pembinaan akhlaq siswa kelas VII tahun ajaran 2009/2010. Dari hasil penelitian diketahui realita yang terjadi bahwasanya bimbingan dan konseling yang diterapkan guru BK mempunyai hubungan terhadap pembinaan akhlak siswa kelas VII MTsN Bekonang tahun ajaran 2009/2010. Hal ini dibuktikan dari hasil pengolahan data dan analisis data diketahui jumlah r hitung lebih besar dari r tabel yaitu r hitung sebesar 0,330 > r tabel 0,329 setelah dilakukan konsultasi pada N=36 dengan tingkat signifikan 95 %. Rekomendasi kepada MTsN Bekonang Sukoharjo, hendaknya proses bimbingan dan konseling dilakukan secara menyeluruh baik untuk program dan layananya sehingga tidak hanya terbatas terhadap siswa yang bermasalah saja. Proses bimbingan dan konseling yang lebih khusus menangani tentang pembinaan akhlaq tidak hanya bersifat sambil saja, namun harus menjadi prioritas utama yang ditekankan, karena MTsN Bekonang Sukoharjo notabene adalah sekolah yang muatan tentang materi dan aplikasinya adalah agama sehingga menjadi hal yang wajib untuk dilakukan.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | bimbingan konseling, kegiatan belajar |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | Mrs Esti Handayani |
Date Deposited: | 23 Feb 2010 07:46 |
Last Modified: | 03 Jan 2012 10:09 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/6452 |
Actions (login required)
View Item |