WAKHID, SAFRUDIN (2009) PELAKSANAAN PENDIDIKAN ANAK USIA DINI DI PAUD ISLAM NURUL HUDA WALIKUKUN NGAWI TAHUN PELAJARAN 2008/2009. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF
G000050004.pdf Download (139kB) |
|
PDF
G000050004.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Dalam melaksanaan pendidikan anak usia dini, perlu adanya pengelolaan materi dan metode pembelajaran yang tepat. Dalam hal ini, dapat dilakukan dengan cara pemilihan materi pembelajaran yang bermutu dan juga penggunaan metode pembelajaran yang disesuaikan dengan tahap perkembangan dari peserta didik itu sendiri. Materi yang sesuai dengan kebutuhan perkembangan anak akan mudah diterima peserta didik, manakala menggunakan metode yang baik dalam penyampaiannya. Untuk menentukan materi dan metode pembelajaran, perlu mengetahui usia perkembangan anak, karakteristik anak, serta tugas perkembangan anak agar sesuai dengan apa yang sedang dibutuhkan anak pada masanya. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana pelaksanaan pendidikan anak usia dini dan apa faktor-faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan pendidikan anak usia dini di PAUD Islam Nurul Huda. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan pendidikan anak usia dini dan apa faktor-faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan pendidikan anak usia dini di PAUD Islam Nurul Huda. Subjek dalam penelitian ini adalah Pelaksanaan PAUD dengan sumber data kepala sekolah, guru, siswa dan wali siswa di PAUD Islam Nurul Huda. Data dalam penelitian ini didapat dari hasil observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini adalah bahwa pengelolaan materi di PAUD Islam Nurul Huda dilakukan dengan cara mengelompokkan materi-materi yang hendak diajarkan dalam bentuk tema-tama yang sekaligus dialokasikan waktunya. Tema-tema tersebut merupakan materi yang harus diajarkan pada tiap pertemuan dalam satu pekan. Dalam pelaksanaan pembelajaran terdapat tahapan kegiatan yang dilakukan dalam satu hari. Metode pembelajaran yang digunakan di PAUD Islam Nurul Huda adalah metode learning by playing dan learning by doing. Selain itu, juga menggunakan pendekatan Beyond Centres and Circles Time (BCCT). Faktor pendukung yang dimiliki PAUD Islam Nurul Huda dalam pelaksanaan pendidikan anak usia dini meliputi kepercayaan masyarakat dan motivasi orang tua dalam menyekolahkan putra putrinya, biaya pendidikan yang terjangkau, tempat yang strategis dan kondusif, serta sarana dan prasarana yang mendukung. Sedangkan faktor penghambatnya adalah kualifikasi akademik bagi pengajar tidak sesuai dengan tuntutan keahlian yang dimiliki, status gedung sekolah yang masih menyewa, belum adanya dana pengembangan dari pemerintah sehingga masih mengandalkan dari pihak donatur.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | PAUD, pengelolaan materi, metode pembelajaran |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | Mrs Esti Handayani |
Date Deposited: | 23 Feb 2010 07:40 |
Last Modified: | 03 Jan 2012 10:25 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/6449 |
Actions (login required)
View Item |