UPAYA INTERNALISASI NILAI-NILAI ISLAM DALAM MATA PELAJARAN SAINS KELAS III DI MI AL-ISLAM KARTASURA TAHUN AJARAN 2007/2008

Nur'aini, Ema (2009) UPAYA INTERNALISASI NILAI-NILAI ISLAM DALAM MATA PELAJARAN SAINS KELAS III DI MI AL-ISLAM KARTASURA TAHUN AJARAN 2007/2008. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF
G000010031.pdf

Download (86kB)
[img] PDF
G000010031.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Pendidikan agama Islam merupakan bagian dari sistem pendidikan nasional. Namun dalam kenyataannya terkadang tampak adanya kesenjangan eksistensinya secara struktural. Kesenjangan antara ilmu pengetahuan dan agama memperkuat dikotomi keilmuan (pengetahuan modern dan agama) yang pada gilirannya merambat pada dikotomi model pendidikan. Suatu kenyataan bahwa akibat kemajuan IPTEK tidak semua manusia mengalami dan merasakan kebahagiaan, sebab yang terjadi terkadang sebaliknya. Kondisi seperti ini terjadi karena adanya pemisahan antara kehidupan yang bersifat duniawi dan kehidupan yang bersifat ukhrawi. Hal ini berawal dari sistem pendidikan yang tidak bersifat integral melainkan bersifat dikotomis parsial, untuk itu perlu upaya mengintegrasikan kembali model pendidikan yang bercorak dikotomis tersebut yaitu dengan internalisasi nilai-nilai Islam. MI Al-Islam Kartasura sebagai lembaga pendidikan formal berlabel Islam mencoba untuk mengadakan reorientasi dan rekonstruksi lembaga pendidikannya menuju pada integralisasi antara nilai-nilai religius dan IPTEK. Maka yang perlu penulis teliti adalah bagaimana upaya yang dilakukan, bagaimana efektifitas dari upaya tersebut serta faktor apa saja yang menjadi pendukung maupun penghambat dari upaya internalisasi nilai-nilai Islam dalam mata pelajaran sains. Hal ini penting untuk mengetahui tentang upaya MI Al-Islam dalam melaksanakan internalisasi nilai-nilai Islam dalam mata pelajaran sains, juga mengetahui efektifitasnya serta faktor-faktor pendukung maupun penghambatnya dalam melakukan upaya tersebut. Jenis penelitian skripsi yang dilakukan termasuk ke dalam penelitian lapangan dengan bentuk deskriptif dan pendekatan yang digunakan yaitu pendekatan deskriptif kualitatif. Adapun subjek penelitian adalah guru kelas III MI Al-Islam Kartasura. Teknik pengumpulan data berupa teknik observasi, teknik wawancara atau interview, dan teknik dokumentasi. Sedangkan untuk menganalisis data yang diperoleh dengan metode analisis data. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa upaya internalisasi nilai-nilai Islam dalam mata pelajaran sains kelas III di MI Al-Islam Kartasura tahun ajaran 2007/2008 ditempuh dengan dua cara yaitu pertama, menghubungkan atau memasukkan dengan ayat-ayat Allah, kedua, melandasi penggunaan ilmu dengan moral. Upaya tersebut dapat direalisasikan dengan baik.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: pendidikan agama islam, nilai-nilai Islam
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Mrs Esti Handayani
Date Deposited: 23 Feb 2010 07:22
Last Modified: 03 Jan 2012 10:21
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/6446

Actions (login required)

View Item View Item