FIRDAUS , ZUHDI (2009) ANALISIS FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KEPUASAN PASIEN RAWAT INAP DI RUMAH SAKIT ISLAM SURAKARTA. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF
J210070107.pdf Download (126kB) |
|
PDF
J210070107.pdf Restricted to Repository staff only Download (727kB) |
Abstract
Latar belakang: Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi merubah semua aspek kehidupan manusia, termasuk didalamnya upaya pelayanan kesehatan. Komponen pelayanan kesehatan yang dipandang cukup penting adalah komponen kepuasan pasien. Kepuasan pasien menjadi topik yang berkembang sangat cepat dari tahun ke tahun. Kepuasan pasien merupakan salah satu indikator dalam menilai mutu pelayanan di rumah sakit. Aspek kepuasan pasien sangatlah banyak, diantaranya : pelayan dokter, pelayanan perawat, pelayanan instalasi gizi, pelayanan farmasi, pelayanan laboratorium, pelayanan administrasi, sarana dan fasilitas umum rumah sakit serta keadaan dan fasilitas ruang perawatan. Tujuan: Menganalisis faktor yang berhubungan dengan kepuasan pasien rawat inap. Faktor-faktor yang dianalisis adalah kinerja dokter, kinerja perawat, pelayanan instalasi gizi, pelayanan farmasi, pelayanan laboratorium, pelayanan administrasi, sarana fasilitas umum dan keadaan fasilitas ruang perawatan. Metode: Penelitian ini bersifat deskriptif korelatif dengan rancangan kuantitatif menggunakan pendekatan cross sectional. Mengambil sampel sebanyak 114 responden, dengan menggunakan teknik propotionale sampling. Uji reliabilitas menggunakan uji cronbach alfa. Analisis data menggunakan analisis chi-square. Instrumen yang digunakan adalah kuesioner. Hasil: Harga Chi-square hitung pelayanan dokter sebesar 84,639, pelayanan perawat sebesar 78,006, pelayanan instalasi gizi sebesar 40,860, pelayanan farmasi sebesar 26,267, pelayanan laboratorium sebesar 61,290, pelayanan administrasi sebesar 26,267, sarana dan fasilitas umum rumah sakit sebesar 91,935 serta keadaan dan fasilitas ruang perawatan sebesar 66,398 sedangkan nilai r tabel sebesar 3,841 sehingga Hipotesis diterima dan Ho ditolak, maka dapat dikatakan bahwa ada hubungan yang signifikan antara pelayanan dokter, pelayanan perawat, pelayanan instalasi gizi, pelayanan farmasi, pelayanan laboratorium, pelayanan administrasi, sarana dan fasilitas umum rumah sakit serta keadaan dan fasilitas ruang perawatan dengan kepuasan pasien rawat inap.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | kepuasan pasien, pasien rawat inap, rumah sakit |
Subjects: | R Medicine > R Medicine (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Kesehatan > Keperawatan |
Depositing User: | Mrs. Gatiningsih Gatiningsih |
Date Deposited: | 23 Feb 2010 04:37 |
Last Modified: | 15 Nov 2010 13:29 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/6439 |
Actions (login required)
View Item |