PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DENGAN DISKUSI SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBICARA SISWA KELAS VIII C SMP N 2 RANDUBLATUNG TAHUN AJARAN 2007/2008

Widyawati, Eka Ratna (2008) PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DENGAN DISKUSI SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBICARA SISWA KELAS VIII C SMP N 2 RANDUBLATUNG TAHUN AJARAN 2007/2008. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF
A310040067.pdf

Download (74kB)
[img] PDF
A310040067.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (871kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pembelajaran dengan metode diskusi sebagai upaya peningkatan keterampilan berbicara siswa kelas VIII C SMP N 2 Randublatung tahun ajaran 2007/2008 dan mengidentifikasi peningkatan keterampilan berbicara siswa yang meliputi keterampilan bertanya dan menjelaskan serta keberanian untuk tampil di depan guna melaporkan hasil diskusi. Objek penelitian ini adalah kemampuan berbicara siswa yang dilakukan pada waktu berdiskusi dalam pembelajaran bahasa Indonesia yang meliputi kemampuan bertanya dan menjelaskan serta keberanian tampil di depan kelas. Metode penelitian yang digunakan adalah metode diskriptif kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas (PTK). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik wawancara,observasi, catatan lapangan, dokumentasi, dan review. Wawancara dengan guru bidang studi dan kepala sekolah dilakukan mulai dari dialog awal sampai penyimpulan hasil penelitian. Observasi dan catatan pengamatan dilakukan selama tindakan berlangsung. Dokumentasi diambil selama pembelajaran berlangsung yang berupa foto-foto dan rekaman dalam bentuk CD. Review/tanggapan guru diberikan setelah penelitian selesai. Pelaksanaan tindakan pembelajaran terbagi menjadi tiga putaran yang terus meningkat setiap putarannya. Kolaborasi antara peneliti dan guru bahasa Indonesia secara terus menerus menunjang kelancaran penelitian ini. Hal ini dapat dibuktikan dengan adanya peningkatan keterampilan berbicara siswa yang meliputi bertanya dan menjelaskan, serta tampil di depan kelas. Keterampilan bertanya siswa meningkat mulai dari 0 % (tidak ada yang bertanya) menjadi 3%(1 siswa) , 16 %( 6 siswa), dan 53 %(15 siswa ). Keterampilan menjelaskan sebelum penelitian 0%, putaran 1 terdapat 2 siswa (6 %), putaran 2, ada 3 sis wa ( 9 %), dan putaran 3 ada 19 siswa ( 67 %). Keberanian tampil di depan kelas juga mengalami peningkatan, mulai dari 0% menjadi 6 siswa (8%), 7 siswa (19%), dan 18 siswa (64%). Selain peningkatan dan perubahan yang terjadi pada diri siswa, perubahan juga terjadi pada pada aktivitas guru selama mengajar. Tindak mengajar yang dilakukan guru cenderung berangsur membaik.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: pembelajaran, bahasa Indonesia, diskusi, berbicara.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 12 Nov 2008 04:37
Last Modified: 31 Jan 2011 05:44
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/636

Actions (login required)

View Item View Item