PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR MPBI DENGAN METODE MASYARAKAT BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VIIE SMP NEGERI 2 KARTASURA TAHUN PELAJARAN 2007/2008

Fatmawati, Nurul (2008) PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR MPBI DENGAN METODE MASYARAKAT BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VIIE SMP NEGERI 2 KARTASURA TAHUN PELAJARAN 2007/2008. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF
A310040062.pdf

Download (40kB)
[img] PDF
A310040062.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (255kB)

Abstract

Rendahnya prestasi belajar di SMP N 2 Kartasura di sebabkan ketidak tepatan PBM. PBM yang dilaksanakan dengan menggunkan model ceramah sehingga membuat siswa ramai dan bosan. Peneliti memberikan alternatif baru dalam melaksanakan PBM yaitu dengan metode masyarakat belajar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi: (1) Proses pembelajaran dengan metode masyarakat belajar; (2) mengidentitikasi keaktifan peserta didik dengan metode masyarakat belajar; (3) mengidentifikasi peningkatan prestasi belajar peserta didik dengan menggunakan metode masyarakat belajar. Penelitian ini mengambil lokasi di SMP negeri 2 Kartasura. Bentuk dan strategi menggunkana pendekatan kualitatif. Sumber data yakni Guru bidang studi Bahasa Indonesia kelas VII dan peserta didik kelas VII E yang berjumlah 41 siswa. Teknik penggumpulan data diambil dengan menggunakan metode observasi, catatan lapangan, tes dan dokumentasi. Analisis data dari penelitian ini dengan cara deskriptif kualitatif, yaitu dengan cara menganalisis data perkembangan peserta didik dari siklus I sampai siklus III dilengkapi dengan analisis hasil penelitian. Hasil penelitian menunjukkan adanya antusias peserta didik dalam proses PBM yang dilaksanakan dengan metode masyarakat belajar. Antusias peserta didik terlihat adanya peningkatan pada aktifitas, keaktifan dan peningkatan prestasi belajar peserta didik. Keaktifan peserta didik meliputi keaktifan bertanya, mengerjakan latihan dan maju ke depan kelas mengalami peningkatan seiring dengan adanya peningkatan prestasi belajar peserta didik sebelum tindakan di dapat nilai rata-rata peserta didiksebesar 5,33 dan nilai rata-rata siklus I meningkat menjadi 6,05, nilai rata-rata siklus II meningkat menjadi 7,27 dan siklus III meningkat menjadi 8,13. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan metode masyarakat belajar bisa menumbuhkan partisipasi peserta didik dan meningkatkan prestasi belajar peserta didik Metode masyarakat belajar membuat peserta didik lebih tertarik belajar bahasa Indonesia. Metode masyarakat belajar membuat siswa belajar mengalami sendiri apa yang sedang dipelajari. Keaktifan peserta didik terlihat pada saat PBM berlangsung.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Metode masyarakat belajar, Peningkatan prestasi belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 12 Nov 2008 04:19
Last Modified: 31 Jan 2011 05:50
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/635

Actions (login required)

View Item View Item