PRASETYA, NITYA AJENG NARAYANTY (2009) ANALISIS TINGKAT KEPUASAN PASIEN RAWAT JALAN TERHADAP KUALITAS PELAYANAN INFORMASI OBAT APOTEK INSTALASI FARMASI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH Dr. MOEWARDI SURAKARTA. Skripsi thesis, Univerversitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF
K100050069.pdf Download (83kB) |
|
PDF
K100050069.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Menghadapi era persaingan ketat hal utama yang diperhatikan oleh RSUD Dr. Moewardi yang merupakan rumah sakit milik pemerintah dan bersertifikat ISO 9001:2008 adalah kepuasan pelanggan agar dapat bertahan, bersaing, mempertahankan pasar yang sudah ada, sehingga harus mempertahankan kualitasnya. Pelayanan informasi obat berfungsi memberikan pengetahuan serta pemahaman pada pasien dalam mencegah penggunaan obat yang salah (drug misuse). Penelitian ini bertujuan mengetahui tingkat kepuasan pasien rawat jalan terhadap kualitas pelayanan informasi obat yang diberikan di instalasi farmasi RSUD Dr. Moewardi Surakarta Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan cross sectional. Data diambil di apotek umum rawat dari tanggal 7 Maret sampai tanggal 14 April 2009 dengan menggunakan kuesioner pada 341 responden. Pemilihan sampel menggunakan metode purposive sampling. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan mengintegrasikan metode Servqual dan diagram Kartesius. Gap Analysis untuk mengetahui seberapa jauh perkembangan yang telah dicapai mengidentifikasi hal yang memerlukan perhatian. Letak kesenjangan (gap) terbesar pada dimensi reliability (-0,48), yaitu informasi tujuan terapi dan lamanya terapi dengan nilai gap (-0,59). Prioritas perbaikan yang harus dilakukan terdapat pada dimensi reliability. Rerata nilai kesenjangan (gap) dari kelima dimensi sebesar (-0.38), nilai negatif menunjukkan pasien rawat jalan belum puas terhadap kualitas pelayanan di apotek umum rawat jalan instalasi farmasi RSUD Dr. Moewardi Surakarta. Kata kunci : Pelayanan Informasi Obat, Kepuasan Konsumen, Servqual.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pelayanan Informasi Obat, Kepuasan Konsumen, Servqual. |
Subjects: | R Medicine > RS Pharmacy and materia medica |
Divisions: | Fakultas Farmasi > Farmasi |
Depositing User: | Mrs Esti Handayani |
Date Deposited: | 10 Feb 2010 08:21 |
Last Modified: | 15 Nov 2010 16:10 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/6114 |
Actions (login required)
View Item |