Penyesuaian Diri Anak Di Sekolah Berasrama

NUBIASYANTI, WAHYU SUCI and , Dr. Nanik Prihartanti, M.Si (2018) Penyesuaian Diri Anak Di Sekolah Berasrama. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (NASKAH PUBLIKASI)
NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (604kB)
[img] PDF (HALAMAN DEPAN)
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (413kB)
[img] PDF (BAB I)
BAB I.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (243kB)
[img] PDF (BAB II)
BAB II.docx
Restricted to Repository staff only

Download (24kB)
[img] PDF (BAB III)
BAB III.docx
Restricted to Repository staff only

Download (23kB)
[img] PDF (BAB IV)
BAB IV.docx
Restricted to Repository staff only

Download (132kB)
[img] PDF (BAB V)
BAB V.docx
Restricted to Repository staff only

Download (29kB)
[img] PDF (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (223kB)
[img] PDF (Surat Publikasi)
SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI ILMIAH-wahyu jadi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (265kB)

Abstract

Akhir-akhir ini minat orang tua terhadap sekolah berasrama. Sekolah berasrama saat ini diyakini memiliki kelebihan apabila dipandang dari beberapa aspek, diantaranya kurikulum, kedisiplinan, ekstrakurikuler, serta keamanan dari sudut pandang moral dan psikologis. Seperti telah diketahui bersama bahwa pada usia tersebut anak masih sangat bergantung kepada kedua orangtuanya, sedangkan ketika anak berada di sekolah berasrama mereka dituntut untuk belajar dan melakukan segala aktivitas sehari-hari secara mandiri. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pola penyesuaian diri anak di sekolah berasrama. Metode yang digunakan ialah metode kualitatif jenis studi kasus dengan jumlah informan dua orang anak yang berasal dari luar daerah tempat penelitian dan memiliki jumlah hafalan Al-Qur’an lebih banyak dibandingkan dengan teman seangkatannya. Hasil penelitan menunjukkan bahwa motivasi, keberadaan figur lekat, karakteritik individu, dan peran ibu meliputi intensitas menengok dan pola kelekatan yang dibangun ibu terhadap anaknya. Keberhasilan masing-masing anak dibedakan menjadi dua, yaitu tanpa adanya problem dan dengan munculnya beberapa problem dalam interaksinya. Maka hasil ini diharapkan mampu menjadi pertimbangan orang tua ketika memilih sekolah berasrama bagi anak. Kata kunci: motivasi, pola kelekatan, karakterisitk individu, penyesuaian diri, sekolah berasrama Abstrack Today, many parents interested to take their primary children school at the boarding school. The boarding school assured has excess if considered from some aspects, include curriculum, extracurricular, so safety in moral and psychology. We knew that on this development phase, children still depend with their parent, while children on boarding school strive for study and do all of their activity by themselves. The aim of this research are looking for children interaction with their friends and boarding caretakers, their problem solving, and role of mother. Methode of this research is study casus of qualitative, two informans who came from outside district and get high level on their tahfiz. The result refers that motivation, type of attachment, visitation intensity, personal charachteristic, and development phase are determning indicator to children adjustment successfully. The differences between them is has problem and nothing in their interaction. This result expected as consideration to the parents when choose the boarding school for their childen . Kata kunci: motivasi, pola kelekatan, karakterisitk individu, penyesuaian diri, sekolah berasrama

Item Type: Karya ilmiah (Thesis)
Uncontrolled Keywords: Character, Entrepreneurship, 2013 curriculum
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Magister Sains Psikologi
Depositing User: wahyu suci n
Date Deposited: 10 Feb 2018 09:49
Last Modified: 10 Feb 2018 09:49
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/60150

Actions (login required)

View Item View Item