PERAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA TERHADAP KONSEP DIRI AKADEMIK PADA SISWA SMP

RAHMAWATI, IKA (2009) PERAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA TERHADAP KONSEP DIRI AKADEMIK PADA SISWA SMP. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF
F100040013.pdf

Download (41kB)
[img] PDF
F100040013.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (351kB)

Abstract

Konsep diri akademik adalah pandangan siswa terhadap dirinya secara menyeluruh dalam bidang akademik. Konsep diri akademik ini dapat diperoleh melalui proses pengamatan terhadap diri sendiri maupun menurut persepsi orang lain yang berupa karakteristik fisik, psikologis dan sosial di bidang akademik. Konsep diri akademik juga dapat dipengaruhi oleh prestasi belajar matematika. Prestasi belajar matematika di sekolah dapat ditunjukkan melalui nilai yang diberikan oleh guru dalam kurun waktu tertentu. tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara prestasi belajar matematika dengan konsep diri akademik pada siswa SMP. Secara khusus, dari penelitian ini diharapkan dapat memberikan manfaat bagi siswa untuk dapat meningkatkan prestasi belajar matematika guna membentuk konsep diri akademik yang lebih positif yang dapat menunjang kepercayaan diri siswa. Hipotesis dalam penelitian ini adalah ada hubungan positif antara prestasi belajar matematika dengan konsep diri akademik pada siswa SMP. Artinya semakin tinggi prestasi belajar matematika maka semakin tinggi konsep diri akademik siswa. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 117 orang, dengan sampelnya adalah siswa siswi SMP N 3 Colomadu. Teknik sampel yang digunakan adalah cluster random sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan dokumentasi dan skala konsep diri akademik siswa. Data hasil penelitian ini kemudian di analisis dengan teknik korelasi product moment. Dari hasil analisis data, diketahui prestasi belajar matematika berkorelasi positif dan sangat signifikan terhadap konsep diri akademik, yang di tunjukkan dengan r sebesar 0,304 dengan p<0,01. Sumbangan efektif variabel prestasi belajar matematika terhadap konsep diri akademik sebesar 9,2%. Subjek penelitian memiliki prestasi belajar matematika yang tinggi. Data ini diperoleh dari besaran rerata empirik yang mencapai 69,111. Konsep diri akademik siswa tinggi dengan rerata empirik sebesar 132,692, rerata hipotetik sebesar 108 dan standar deviasi sebesar 24.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Prestasi Belajar, Konsep Diri Akademik
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: Ken Retno Yuniwati
Date Deposited: 03 Feb 2010 07:57
Last Modified: 03 Jan 2012 09:15
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/5943

Actions (login required)

View Item View Item