PENGARUH KADAR FILLER SEMEN TINGGI TERHADAP KARAKTERISTIK DENSE GRADED EMULSION MIX

Mulyono, Andi Kis (2008) PENGARUH KADAR FILLER SEMEN TINGGI TERHADAP KARAKTERISTIK DENSE GRADED EMULSION MIX. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF
D100030024.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Dense Graded Emusion Mix (DGEM) telah banyak digunakan dalam pembangunan kontruksi maupun pemeliharaan jalan tetapi sering terjadi kegagalan dalam campuran, hal ini disebabkan karena 40 % dari aspal emulsi adalah air. Berdasarkan masalah tersebut maka digunakan bahan pengisi (filler) semen yang diharapkan dapat mengikat air dalam aspal emulsi, seberapa besar kadar aspal emulsi optimum serta mengetahui pengaruh terhadap karakteristik DGEM pada campuran aspal dingin dengan menggunakan kadar filler semen tinggi. Dalam penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan beberapa variasi kadar filler semen tinggi yaitu 4,5 % dan 5,8 % terhadap total agregat. Pengujian sifat –sifat campuran aspal dingin dengan menggunakan aspal emulsi mengacu pada Asphalt Institute Manual Series No. 19 Second Edition. Karakteristik DGEM diperoleh dari uji Marshall Test kemudian dicari hubungan residu aspal dengan stabilitas, kehilangan stabilitas, Dry Bulk Density, Total Voids, Void Mineral Agregate (rongga diantara agregat), Air Void (rongga udara). Berdasarkan hasil penelitian penggunaan kadar filler semen tinggi 4,5 % dan 5,8 % mempengaruhi karakteristik DGEM. (1) Nilai kadar aspal emulsi optimum sebesar 7,4 % dan 9,3 %. (2) Nilai stabilitas kering menurun sampai kadar filler 3 % kemudian naik maksimal 830 kg, sedangkan rendaman meningkat seiring bertambahnya kadar filler sebesar 930 kg. (3) Nilai kehilangan stabilitas menurun sebesar -36 kg. (4) Nilai Total Void dan AV menurun sampai kadar filler 3 % kemudian meningkat, maksimum sebesar 20,28 dan 7,8 %. (5) Nilai Dry Bulk Density menurun sebesar 1,92 gr/cm3. (6) Nilai VMA turun sampai kadar filler 1,5 % kemudian meningkat sebesar 31,53 %. (7) Nilai Flow kering dan rendaman menurun sebesar 8,9 mm dan 4,5 mm. (8) Nilai penyerapan air meningkat kemudian turun setelah mencapai maksimum pada kadar filler semen 3 % sebesar 3,6 %.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: DGEM, Karakteristik DGEM
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Sipil
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 18 Oct 2008 04:30
Last Modified: 21 Feb 2011 04:13
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/588

Actions (login required)

View Item View Item