Siti, Masruroh (2018) Implementasi Kurikulum 2013 Pendidikan Agama Islam Di Smp Negeri 1 Dan Smp Negeri 2 Karanganyar Tahun 2017/2018. Thesis thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURAKARTA.
PDF (NASKAH PUBLIKASI)
09 PUBLIKASI ILMIAH.pdf Download (1MB) |
|
PDF (HALAMAN DEPAN)
00 HALAMAN DEPAN.pdf Download (1MB) |
|
PDF (BAB I)
01 BAB I.pdf Restricted to Repository staff only Download (290kB) |
|
PDF (BAB II)
02 BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (472kB) |
|
PDF (BAB III)
03 BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (635kB) |
|
PDF (BAB IV)
04 BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (101kB) |
|
PDF (BAB V)
05 BAB V.pdf Download (26kB) |
|
PDF (DAFTAR PUSTAKA)
06 DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (88kB) |
|
PDF (SURAT PERNYATAAN)
10 SURAT PERNYATAAN .pdf Download (173kB) |
|
PDF (LAMPIRAN)
07 LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Berdasarkan tujuan pendidikan yang tertuang dalam Undang-Undang Republik Indonesia nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, pemerintah dengan serius berusaha meningkatkan mengenai kualitas manusia Indonesia yang harus dikembangkan oleh setiap satuan pendidikan. Tujuan pendidikan nasional itu merupakan rumusan mengenai kualitas manusia Indonesia yang harus dikembangkan oleh satuan pendidikan dan kurikulum disusun oleh satuan pendidikan untuk memungkinkan penyesuaian program pendidikan dengan kebutuhan dan potensi didaerah. Implementasi kurikulum 2013 berbeda dengan kurikulum-kurikulum sebelumnya, sebab pembelajaran pada kurikulum ini lebih menggunakan pendekatan scientific dan tematik integrative. Proses pembelajaran pada satuan pendidikan diselenggarakan secara interaktif, inspiratif, menyenangkan, dan memotifasi peserta didik untuk berpartisipasi aktif. Fakta dilapangan menunjukkan SMP Negeri 1 belum semua siswa terlibat aktif dalam pembelajaran, begitu juga di SMP Negeri 2 belum semua guru PAI mengimplementasikan kurikulum 2013, masalah yang akan dikemukakan adalah”Bagaimana implementasi kurikulum 2013 Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 1 dan SMP Negeri 2 Karanganyar Tahun 2017/2018? Apa kendala dan dukungannya?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan temuan-temuan alamiah pada implementasi kurikulum 2013 Pendidikan Agama Islam dan kendala serta dukungannya dalam mengimlementasikan kurikulum 2013 di SMP Negeri 1 dan SMP Negeri 2 Karanganyar tahun 2017/2018. Jenis penelitian ini adalah field reseach (penelitian lapangan) penelitian ini dilakukan langsung di SMP Negeri 1 Karanganyar dan SMP Negeri 2 Karanganyar tahun 2017/2018. Adapun yang menjadi subjek penelitian ini adalah siswa dan guru Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 1 dan SMP Negeri 2 Karanganyar tahun 2017. Teknik pengumpulan data menggunakan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi Kurikulum 2013 Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 1 dan SMP Negeri 2 sudah berjalan baik dengan langkah-langkah: 1) Merancang pembelajaran, 2) Mengorganisasikan pembelajaran, 3) Memilih pendekatan pembelajaran, 4) Melaksanakan pembelajaran, 5) Pembentukan kompetensi secara efektif, dan 6) Menetapkan kriteria keberhasilan pembelajaran..
Item Type: | Karya ilmiah (Thesis) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | implementasi, kurikulum 2013, pendidikan agama islam |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Pasca Sarjana > Magister Pendidikan Islam |
Depositing User: | SITI MASRUROH |
Date Deposited: | 31 Jan 2018 08:57 |
Last Modified: | 24 Feb 2018 03:19 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/58776 |
Actions (login required)
View Item |