PENGARUH ATRIBUT PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN HONDA SUPRA (Kasus Pada Desa Bangsri, Kecamatan Purwantoro, Wonogiri)

RAHAYU, BUDI (2009) PENGARUH ATRIBUT PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN HONDA SUPRA (Kasus Pada Desa Bangsri, Kecamatan Purwantoro, Wonogiri). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF
B100050225.pdf

Download (163kB)
[img] PDF
B100050225.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh atribut produk terhadap keputusan pembelian Motor Honda Supra dan mengetahui diantara atribut produk yang paling dominan berpengaruh terhadap keputusan pembelian Motor Honda Supra. Hasil penelitian ini diharapkan dapat digunakan sebagai implikasi strategis yang dihasilkan dari temuan dapat mengidentifikasi berbagai faktor kritikal yang perlu diperhatikan dalam mengetahui faktor yang berpengaruh terhadap perilaku konsumen dalam pengambilan keputusan pembelian Motor Honda Supra, sehingga dapat menerapkan strategi yang tepat untuk semakin meningkatkan minat konsumen dalam melakukan pembelian terhadap Motor Honda Supra. Pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan alat analisis regresi linier berganda dengan uji t, uji F dan koefisien determinasi (R2). Populasi yang dipakai pada penelitian ini adalah seluruh Warga Desa Bangsri, Purwantoro, Wonogiri. Adapun sampel dari penelitian ini adalah 75 orang warga Desa Bangsri, Purwantoro, Wonogiri. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa variabel kualitas (X1) diperoleh nilai thitung sebesar 2,348 (p= 0,022 < 0,05); sehingga berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian motor Motor Honda Supra. Variabel harga (X1) diperoleh nilai thitung sebesar 2,662 (p= 0,010 < 0,05); sehingga berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian motor Motor Honda Supra. Variabel model (X3) diperoleh nilai thitung sebesar 4,170 (p= 0,000 < 0,05); sehingga berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian motor Motor Honda Supra. Variabel pelayanan (X4) diperoleh nilai thitung sebesar 2,622 (p= 0,011 < 0,05); sehingga berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian motor Motor Honda Supra. Hasil analisis uji F diperoleh nilai Fhitung sebesar 45,686 > 2,53 dengan probabilitas sebesar 0,000 < 0,05 maka H0 ditolak berarti menerima H1, hal ini berarti bahwa kualitas, harga, model dan pelayanan secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian motor Motor Honda Supra. Nilai koefisien determinasi (R2) sebesar 0,723; berarti keputusan pembelian konsumen pada motor Motor Honda Supra dipengaruhi oleh variasi kualitas, harga, model dan pelayanan sebesar 72,3%. Sementara sisanya sebesar 27,7% diterangkan oleh faktor lain yang tidak ikut terobservasi. Hasil perhitungan menunjukkan bahwa model mempunyai nilai koefieisen beta sebesar 0,357 yang lebih besar jika dibandingkan dengan variabel-variabel yang lainnya. Hal ini menunjukkan bahwa model lebih dominan berpengaruh terhadap keputusan pembelian konsumen pada motor Motor Honda Supra dibandingkan dengan variabel yang lain.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: kualitas, harga, model, pelayanan, keputusan pembelian konsumen
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Mrs. Gatiningsih Gatiningsih
Date Deposited: 27 Jan 2010 08:37
Last Modified: 15 Nov 2010 18:13
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/5825

Actions (login required)

View Item View Item