EVALUASI SALURAN DISTRIBUSI DALAM USAHA PENINGKATAN VOLUME PENJUALAN DAN LABA PADA CV. ITA DI SURAKARTA

DARMAWAN, MUHAMMAD (2009) EVALUASI SALURAN DISTRIBUSI DALAM USAHA PENINGKATAN VOLUME PENJUALAN DAN LABA PADA CV. ITA DI SURAKARTA. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF
B100050215.pdf

Download (101kB)
[img] PDF
B100050215.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (694kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan: 1) untuk: mengetahui ada tidaknya pelaksanaan saluran distribusi pada CV. ITA di SURAKARTA dalam upaya mencapai hasil penjualan; dan 2) untuk mengetahui pengaruh saluran distribusi terhadap hasil penjualan pada CV. ITA di SURAKARTA. Sampel dalam penelitian ini adalah data perusahaan CV. ITA di SURAKARTA selama 2005 sampai 2008 (empat tahun). Metode penelitian yang digunakan, menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan alat analisis menggunakan regresi linier berganda yang meliputi uji t, uji F, dan uji koefisien determinasi. Hasil penelitian yang telah dicapai adalah sebagai berikut: 1. Terdapat pengaruh yang signifikan, dari variabel biaya penjualan terhadap volume penjualan dengan perolehan nilai thitung > ttabel (3,497 > 2,776), maka untuk variabel kepemimpinan hipotesis H0 ditolak artinya bahwa biaya penjualan berpengaruh secara signifikan terhadap volume penjualan. Biaya transportasi berpengaruh secara signifikan terhadap volume penjualan (thitung sebesar 2,904 > ttabel sebesar 2,776). Tidak terdapat pengaruh yang signifikan, dari variabel biaya pergudangan terhadap volume penjualan dengan perolehan nilai thitung < ttabel (0,997 < 2,776), maka untuk variabel biaya pergudangan H0 diterima artinya bahwa biaya pergudangan tidak berpengaruh secara signifikan terhadap volume penjualan. 2. Terdapat pengaruh yang signifikan, dari variabel biaya penjualan, biaya transportasi, dan biaya pergudangan terhadap volume penjualan dengan perolehan nilai Fhitung > Ftabel (41,710 > 6,59) dan nilai probabilitas sebesar 0,002 < 0,05 maka variabel biaya penjualan, biaya transportasi, dan biaya pergudangan secara bersama-sama atau serentak berpengaruh secara signifikan terhadap volume penjualan. Hasil analisis data diperoleh R² sebesar 0,969 ini menunjukkan bahwa variabel biaya penjualan, biaya transportasi, dan biaya pergudangan mempunyai kontribusi pengaruh atau dapat menjelaskan terhadap variabel volume penjualan sebesar 96,9 %. Sedangkan sisanya sebesar 3,1 % mendapat kontribusi dari variabel lain yang tidak penulis teliti.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: biaya penjualan, biaya transportasi, biaya pergudangan, dan volume penjualan
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Mrs. Gatiningsih Gatiningsih
Date Deposited: 27 Jan 2010 08:30
Last Modified: 09 May 2011 05:02
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/5823

Actions (login required)

View Item View Item