ANALISIS PENGARUH HARGA, KUALITAS, MODEL, DAN PURNA JUAL TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN HANDPHONE SONY ERICSSON (Studi Kasus pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Surakarta)

HIDAYAT, ARIF SRI (2009) ANALISIS PENGARUH HARGA, KUALITAS, MODEL, DAN PURNA JUAL TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN HANDPHONE SONY ERICSSON (Studi Kasus pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Surakarta). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF
B100050129.pdf

Download (169kB)
[img] PDF
B100050129.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (975kB)

Abstract

Saat ini produk handphone sangat beraneka ragam, berbagai jenis handphone ditawarkan dengan berbagai keunggulan. Bagi masyarakat, semakin banyak pilihan yang ada merupakan suatu keuntungan tersendiri. Hal tersebut akan menambah alternatif pilihan yang dapat digunakan dalam mempertimbangkan keputusan pembelian. Kompleknya perilaku konsumen di sebabkan oleh faktor internal konsumen yakni adanya kebutuhan manusia yang tak terbatas, selain pengaruh kondisi eksternal dan internal lainnya yang berakibat langsung pada perilaku konsumen. Menurut salah satu situs internet (wap.vivanew.com) Sony Ericsson merupakan salah satu produsen hp terbesar diIndonesia, untuk menghindari dampak krisis finansial global, Sony Ericsson memiliki dua strategi, yaitu mengklasifikasi produk lebih jelas dan sesuai dengan segmentasi pasar. Adapun strategi yang kedua adalah dengan merilis ponsel-ponsel yang relevan dengan budaya lokal Indonesia. Dengan strategi-strategi tersebut terbukti menarik konsumen dari berbagai kelas sosial untuk melakukan pembelian. Perubahan perilaku dan selera konsumen dapat terjadi sewaktu-waktu akibat dari karakteristik konsumen, selain itu pengaruh dari dalam diri konsumen itu sendiri maupun dari lingkungan sekitar yang turut mempengaruhinya. Berdasarkan hal itu peneliti menyimpulkan seberapa besar pengaruh variabel harga, kualitas, model, dan purna jual terhadap keputusan pembelian hp Sony Ericsson. Metodologi penelitian yang digunakan meliputi analisis regresi, uji t, uji F, dan koefisien determinasi (R ). Keempat alat analisis ini secara berturut-turut berfungsi untuk memprediksi, melihat pengaruh secara individu, melihat pengaruh secara serentak, dan mengetahui seberapa besar pengaruh variable independen harga, kualitas, model, dan purna jual terhadap variable dependen yakni keputusan pembelian. Hasil analisis menunjukkan bahwa variabel-variabel harga, kualitas, model, dan purna jual berpengaruh signifikan baik secara individu maupun serentak terhadap variabel keputusan pembelian, dengan variabel dominan adalah variabel harga. Selain itu, hasil analisis R menunjukkan bahwa variabel-variabel harga, kualitas, model, dan purna jual mampu menjelaskan variabel keputusan pembelian sebesar 75,3 %. Berdasarkan hasil analisis tersebut dapat disimpulkan bahwa variabel-variabel harga, kualitas, model, dan purna jual berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: harga, kualitas, model, purna jual, keputusan pembelian
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Mrs. Gatiningsih Gatiningsih
Date Deposited: 27 Jan 2010 08:00
Last Modified: 15 Nov 2010 18:20
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/5815

Actions (login required)

View Item View Item