PENGARUH PERSEPSI KONSUMEN TENTANG KUALITAS PRODUK, HARGA, SUASANA RUANGAN, PELAYANAN, KEAMANAN, PARKIR, PROMOSI, TATA LETAK DAN LOKASI TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN DALAM BERBELANJA PADA RITEL MODERN KABUPATEN KLATEN

GUNAWAN, RUDI (2009) PENGARUH PERSEPSI KONSUMEN TENTANG KUALITAS PRODUK, HARGA, SUASANA RUANGAN, PELAYANAN, KEAMANAN, PARKIR, PROMOSI, TATA LETAK DAN LOKASI TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN DALAM BERBELANJA PADA RITEL MODERN KABUPATEN KLATEN. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF
B100050125.pdf

Download (57kB)
[img] PDF
B100050125.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (374kB)

Abstract

Perkembangan ritel modern saat ini tumbuh sangat pesat. Melihat ekspansinya yang begitu cepat maka tidak mengherankan jika ada pihak yang merasa terancam eksistensinya. Berdasarkan hasil riset yang dilakukan oleh AC Nielsen Indonesia tahun 2005 di DKI Jakarta diperoleh hasil yang cukup meresahkan, disebutkan tingkat pertumbuhan ritel tradisional hanya -8,01 % sedangkan ritel modern 31,4 %. Akibatnya sembilan pasar tradisional dilikuidasi. Sehingga ribuan peritel bangkrut setiap tahun. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh persepsi konsumen tentang kualitas produk, harga, suasana ruangan, pelayanan, keamanan, parkir, promosi, tata letak dan lokasi terhadap minat beli konsumen dalam berbelanja pada ritel modern di kabupaten Klaten. Populasi yang diambil adalah semua konsumen yang pernah berbelanja atau membeli produk di ritel modern di kabupaten Klaten. Jumlah ritel modern di kabupaten Klaten berjumlah 7 buah. Data ini berasal dari Departemen Perindustrian dan Perdagangan cabang kabupaten Klaten. Deperindag menamakan ritel modern sama dengan Pasar Swalayan. Jumlah sampel yang diambil sebanyak 140 responden. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner dan metode analisis data menggunakan analisis regresi berganda. Berdasarkan hasil uji t dapat disimpulkan bahwa variabel kualitas produk mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap minat beli dengan signifikansi sebesar 0,014. Variabel harga tidak mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap minat beli dengan signifikansi sebesar 0,170. Variabel suasana ruangan mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap minat beli dengan signifikansi sebesar 0,007. Variabel pelayanan mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap minat beli dengan signifikansi sebesar 0,009. Variabel keamanan tidak mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap minat beli dengan signifikansi sebesar 0,242. Variabel promosi tidak mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap minat beli dengan signifikansi sebesar 0,623. Variabel tempat parkir tidak mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap minat beli dengan signifikansi sebesar 0,811. Variabel tata letak tidak mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap minat beli dengan signifikansi sebesar 0,776 dan variabel lokasi tidak mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap minat beli dengan signifikansi sebesar 0,809. Berdasarkan hasil analisis koefiesien Beta variabel suasana ruangan mempunyai pengaruh yang paling dominan terhadap minat beli pada ritel modern di Kabupaten Klaten.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: kualitas produk, harga, suasana ruangan, pelayanan, keamanan, parkir, promosi, tata letak, lokasi, minat beli konsumen
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Mrs. Gatiningsih Gatiningsih
Date Deposited: 27 Jan 2010 07:56
Last Modified: 15 Nov 2010 18:20
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/5814

Actions (login required)

View Item View Item