ANALISIS POSITIONING PRODUK DETERJEN (Rinso, So klin, Attack, Surf dan Daia) DI KOTAMADYA SURAKARTA

SITIGA, YUNURRAS (2009) ANALISIS POSITIONING PRODUK DETERJEN (Rinso, So klin, Attack, Surf dan Daia) DI KOTAMADYA SURAKARTA. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF
B100050112.pdf

Download (111kB)
[img] PDF
B100050112.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (904kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui atribut-atrbut yang didinginkan konsumen dalam memilih produk deterjen (Rinso, So Klin, Attack, Surf, dan Daia) berdasarkan persepsi konsumen dan untuk menetukan posisi produk berdasarkan persepsi konsumen pengguna produk deterjen. Hipotesis dalam penelitian ini adalah diduga atribut yang mempengaruhi persepsi konsumen dalam menggunakan produk deterjen adalah manfaat, harga, kualitas, bersih (higienis), ukuran kemasan, kemudahan mendapatkan produk, dan iklan, yang terbagi dalam dua dimensi, yaitu dimensi kepraktisan terdiri dari manfaat, harga, ukuran kemasan, iklan, dan kemudahan mendapatkan produk. Yang kedua adalah dimensi sehat terdiri dari bersih (higienis) dan kualitas. Berdasarkan hal tersebut keputusan positioning produk deterjen oleh suatu perusahaan akan dibuat. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh masyarakat Kotamadya Surakarta di 5 kecamatan yang dalam hal ini adalah sebagai konsumen produk deterjen yang berjumlah 561.576 orang, sampel yang diteliti sebanyak 200 orang dan teknik pengambilan sampel adalah menggunakan area sampling, yang merupakan bagian dari random sampling .alat analisis yang digunakan adalah uji MDS (Multi Dimensional Scalling). Dari hasil analisis kualitatif jawaban responden menyatakan bahwa atribut yang diinginkan konsumen adalah manfaat (95%), kualitas (90%), bersih (higienis) (89%), harga (85,5%), ukuran kemasan (72%), kemudahan mendapatkan produk (65%), dan iklan (54%). Manfaat dan kualitas adalah yang paling berperan dalam persepsi konsumen untuk memilih produk deterjen. Uji dengan menggunakan MDS (Multi Dimensional Scalling) terlihat gambar pemetaan yang terbagi dalam dua dimensi dan terdiri dalam 4 kuadran, semakin keatas posisi produk dalam peta MDS menunjukkan produk deterjen tersebut unggul dalam manfaat (dimensi kepraktisan), dan semakin ke kanan posisi produk deterjen dalam peta maka produk tersebut unggul dalam segi kualitas (dimensi sehat). Dari hasil uji MDS urutan produk deterjen dilihat dari segi manfaat menurut konsumen adalah Surf, Daia, Rinso, Attack, dan Soklin. Sedangkan urutan produk deterjen dilihat dari segi kualitas menurut konsumen adalah Daia, Attack, So Klin, Rinso, dan Surf. Untuk perhitungan stress (0,23733) dan R-square (0,86478) menunjukan angka yang dapat dikatakan valid untuk model penelitian ini.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: positioning produk, atribut, persepsi konsumen
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Mrs. Gatiningsih Gatiningsih
Date Deposited: 27 Jan 2010 07:52
Last Modified: 15 Nov 2010 18:21
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/5813

Actions (login required)

View Item View Item