WIRAWAN, JOHAN AJI (2009) PENGARUH BIAYA PROMOSI TERHADAP PENINGKATAN VOLUME PENJUALAN PADA CV. MUTIARA ILMU DI KLATEN. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF
B100040354.pdf Download (112kB) |
|
PDF
B100040354.pdf Restricted to Repository staff only Download (276kB) |
Abstract
Tujuan setiap perusahaan dalam mencapai tujuannya adalah untuk memperoleh keuntungan, perlu tindakan yang mengarah paa obyek usaha. Segala sesuatu berhubungan dengan kegiatan perusahaan harus direncanakan. Berhasilnya suatu perusahaan dalam mempertahankan kelangsungan usahanya dapat dilihat dari adanya perubahan volume penjualan dari tahun ke tahun. Keberhasilan tersebut tidak terlepas dari kebijaksanaan manager dalam mengambil keputusan dibidang pemasaran. Pada umumnya suatu penelitian bertujuan untuk menemukan atau menguji kebenaran suatu penelitian. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui besarnya pengaruh biaya promosi terhadap peningkatan volume penjulan pada percetakan cv. Mutiara ilmu. Dalam penelitian ini dirumuskan bahwa suatu hipotesis diduga bahwa biaya promosi yaitu biaya periklanan biaya promosi penjualan dan biaya personal selling berpengaruh secara signifikan dan pasitif terhadap peningkatan volume penjualan. Pelaksanaan pengunpulan data ditujukan untuk mendapatkan data. Adapaun data yang diperlukan dalam penelitian ini adalah data tentang biaya promosi.yang terdiri dari dari biaya periklanan, biaya promosi penjualan danbiaya personal selling dan data tentang volume penjualan dari tahun 2004-2008. Teknik analisa data yang digunakan adalah metodeanalisa statistik yang meliputi analisa regresi berganda, analisa uji t, analisa koefisien determinasi R2 analisa uji f. Berdasarkan hasil analisa regresi berganda diperoleh persamaan regresinya sebagai berikut: Y= 72759415 + 1,469 X1 + 13,691 X2 + 2,332 X3 Hal ini menunjukkan adanya hubungan yang positif bahwa dengan peningkatan kegiatan promosi akan mampu meningkatkan volume penjualan. Dari uji t antara periklanan x1 terhadap y volume penjualan diperoleh thitung=2,506 > ttabel=2,262 berarti terdapat pengaruh yang positif signifikan, uji t antara promosi penjualan x2 terhadap volume penjualan diperoleh t hitung=6,690 > ttabel=2,262 berarti terdapat pengaruh yang signifikan dan positif, uji t antara personal selling x3 terhadap volume penjualan diperoleh thitung 2,471 > t tabel=2,262 berarti trdapat pengaruh yang positif dan signifikan. Dari koefisien determinasi (r2) diperoleh 0,930, artinya bahwa kegiatan promosinya yang dilakukn dapat mempengaruhi volume penjualan sebesar 93 % sedangkan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain. Dari pengujian uji f diketahui Fhitung =25,566 > Ftabel =4,76, berartiterdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara periklanan promosi penjualan dan personal selling, terhadap volume penjualan. Dan promosi penjualan mempunyai pengaruh yang paling kuat karena memberikan sumbangan sebesar yaitu Rp 13,691 dan nilai t hitung paling tinggi yaitu 6,690. Berdasarkan hasil analisa maka hipotesis yang menyatakan diduga bahwa biaya promosi berpengaruh secara signifikan terhadap volume penjualan dapat diterima kebenaran.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | BIAYA PROMOSI, PENINGKATAN VOLUME PENJUALAN |
Subjects: | H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen |
Depositing User: | Mrs. Gatiningsih Gatiningsih |
Date Deposited: | 26 Jan 2010 08:33 |
Last Modified: | 15 Nov 2010 18:37 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/5779 |
Actions (login required)
View Item |