PENGARUH KARAKTERISTIK MODEL IKLAN TERHADAP PREFERENSI KONSUMEN DALAM MELAKUKAN KEPUTUSAN PEMBELIAN SABUN MANDI LUX (Studi Pada Penduduk Kelurahan Giripurwo, Wonogiri)

MAULANA, CHRISTIAN (2009) PENGARUH KARAKTERISTIK MODEL IKLAN TERHADAP PREFERENSI KONSUMEN DALAM MELAKUKAN KEPUTUSAN PEMBELIAN SABUN MANDI LUX (Studi Pada Penduduk Kelurahan Giripurwo, Wonogiri). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF
B100040335.pdf

Download (191kB)
[img] PDF
B100040335.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan di Kelurahan Giripurwo Kecamatan Wonogiri dengan maksud untuk mengetahui pengaruh karakteristik model iklan yang terdiri dari Visibility, Credibility, Attraction dan Power baik secara individual maupun secara bersama-sama terhadap preferensi konsumen, serta untuk mengetahui variabel manakah yang paling dominan mendukung keberhasilan model iklan dalam mempengaruhi preferensi keputusan konsumen dalam pembelian sabun mandi Lux. Populasi dalam penelitian ini adalah penduduk Kelurahan Giripurwo Kecamatan Wonogiri. Sedangkan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah Convenience sampling dengan cara membagikan kueisioner kepada responden yang dengan mudah dipilih sebagai sampel, yang akhirnya diperoleh responden sebanyak 100. Uji Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji validitas dengan dengan menggunakan correlations product moment dari Pearson, uji reliabilitas dengan Alpha Cronbach. Uji asumsi klasik yang digunakan adalah uji normalitas Kolmogorov-Smirnov, uji multikolinearitas dengan membandingkan nilai VIF atau Variance, uji heteroskedastisitas dengan metode Glejser, autokorelasi dengan metode Durbin-Watson. Analisis data dengan menggunakan analisis regresi berganda yang mencakup uji t, uji F dan koefisien determinasi (R2). Berdasarkan hasil regresi diperoleh persamaan Regresi sebagai berikut: Y = 1,252 + 0,131X1 + 0,115X2 + 0,176X3 + 0,159X4 + e. Dari persamaan tersebut dapat diketahui bahwa variabel X1, X2, X3 dan X4 berpengaruh secara signifikan dan positif terhadap preferensi keputusan pembelian konsumen. Variabel Attraction merupakan variabel yang paling dominan mempengaruhi preferensi keputusan pembelian konsumen. Sedangkan berdasarkan uji t diperoleh nilai thitung variabel Visibility (X1) = 2,342, variabel Credibility (X2) = 2,235, variabel Attraction (X3) = 3,933, dan variabel Power (X4) = 2,539 dimana keempat nilai thitung> ttabel (1,988), artinya keempat variabel tersebut secara individu berpengaruh secara signifikan dan positif terhadap preferensi keputusan pembelian konsumen. Sedangkan variabel attraction (X3) merupakan variabel yang paling dominan mempengaruhi preferensi keputusan pembelian konsumen. Hasil uji F diperoleh nilai Fhitung = 27,135 > Ftabel = 2,45 dan didukung dengan signifikansi 0,000, maka dapat disimpulkan bahwa visibility, credibility, attraction dan power secara bersama-sama berpengaruh signifikan dan positif terhadap preferensi pembelian konsumen. Sedangkan uji koefisien determinasi (R2) diperoleh nilai koefisien Adjusted R Square sebesar 0,514 atau 51,4%. Artinya variabel visibility, credibility, attraction dan power berpengaruh terhadap preferensi keputusan pembelian konsumen sebesar 51,4% sedangkan sisanya sebesar 48,6% dipengaruhi oleh variabel lain di luar penelitian.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Visibility, Credibility, Attraction, Power, Preferensi Keputusan Pembelian Konsumen
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Mrs. Gatiningsih Gatiningsih
Date Deposited: 26 Jan 2010 08:22
Last Modified: 25 Oct 2011 05:45
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/5776

Actions (login required)

View Item View Item