PENGARUH MOTIVASI BELAJAR, SIKAP BELAJAR DAN AKTUALISASI DIRI TERHADAP PRESTASI BELAJAR MAHASISWA PENDIDIKAN EKONOMI AKUNTANSI FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURAKARTA

PUDIYANTI , IKHA (2009) PENGARUH MOTIVASI BELAJAR, SIKAP BELAJAR DAN AKTUALISASI DIRI TERHADAP PRESTASI BELAJAR MAHASISWA PENDIDIKAN EKONOMI AKUNTANSI FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURAKARTA. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF
A210050164.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (372kB)
[img]
Preview
PDF
A210050164.pdf

Download (68kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar mahasiswa; 2) pengaruh sikap belajar terhadap prestasi belajar mahasiswa; 3) pengaruh aktualisasi diri terhadap prestasi belajar mahasiswa; 4) pengaruh motivasi belajar, sikap belajar dan aktualisasi diri terhadap prestasi belajar mahasiswa. Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif yang disertai dengan pengujian hipotesis dengan analisis statistik. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh seluruh mahasiswa Pendidikan Akuntansi FKIP UMS angkatan 2006/2007 berjumlah ± 180 mahasiswa. Sampel yang diambil sebanyak 50 orang mahasiswa yang diambil dengan teknik proporsional aksidental random sampling. Data yang diperlukan diperoleh melalui angket yang telah diujicobakan terlebih dahulu dan diuji validitas serta diuji reliabilitas. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi berganda, uji F, uji t, uji R2, serta sumbangan relatif dan efektif. Hasil analisis regresi ganda memperoleh persamaan regresi: Y = 3,531 + 0,379.X1 + 0,252.X¬2 + 0,256.X¬3. Persamaan menunjukkan bahwa prestasi belajar siswa dipengaruhi oleh motivasi belajar, sikap belajar dan aktualisasi diri. Kesimpulan yang diambil adalah: 1) Motivasi belajar berpengaruh positif terhadap prestasi belajar mahasiswa Jurusan Pendidikan Ekonomi Akuntansi FKIP UMS tahun angkatan 2006. Hasil analisis regresi memperoleh nilai thitung > ttabel (3,915 > 2,021) diterima pada taraf signifikansi 5%. Motivasi belajar memberikan kontribusi sebesar 24,8% terhadap prestasi belajar mahasiswa; 2) Sikap belajar berpengaruh positif terhadap prestasi belajar mahasiswa Pendidikan Ekonomi Akuntansi FKIP UMS tahun angkatan 2006. Hasil analisis regresi memperoleh nilai thitung > ttabel (3,311 > 2,021) diterima pada taraf signifikansi 5%.. Sikap belajar memberikan kontribusi sebesar 20,9% terhadap prestasi belajar mahasiswa; 3) Aktualisasi diri berpengaruh positif terhadap prestasi belajar mahasiswa Jurusan Pendidikan Ekonomi Akuntansi FKIP UMS tahun angkatan 2006. Hasil analisis regresi memperoleh nilai thitung > ttabel (3,510 > 2,021) diterima pada taraf signifikansi 5%.. Aktualisasi diri memberikan kontribusi sebesar 18% terhadap prestasi belajar mahasiswa; 4) Motivasi belajar, sikap belajar, dan aktualisasi diri berpengaruh positif terhadap prestasi belajar mahasiswa Jurusan Pendidikan Ekonomi Akuntansi FKIP UMS tahun angkatan 2006. Hasil analisis regresi memperoleh nilai Fhitung > Ftabel (26,913 > 2,84) diterima pada taraf signifikansi 5%.. Secara keseluruhan variabel motivasi belajar, sikap belajar, dan aktualisasi diri memberikan kontribusi sebesar 63,7% terhadap prestasi belajar mahasiswa.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: motivasi belajar, sikap belajar, aktualisasi diri dan prestasi belajar
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Users 13 not found.
Date Deposited: 25 Jan 2010 06:09
Last Modified: 02 Jan 2012 07:48
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/5729

Actions (login required)

View Item View Item