KENCANA , ERFAN HARI (2009) PENGARUH BIAYA PROMOSI DAN BIAYA PENGEMBANGAN TENAGA KERJA TERHADAP VOLUME PENJUALAN PADA PT. AIR MANCUR - KARANGANYAR. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
PDF
A210050066.pdf Restricted to Repository staff only Download (746kB) |
||
|
PDF
A210050066.pdf Download (53kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Pengaruh biaya promosi terhadap volume penjualan; 2) Pengaruh biaya pengembangan tenaga kerja terhadap volume penjualan; 3) Pengaruh biaya promosi dan biaya pengembangan tenaga kerja terhadap volume penjualan. Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif dengan pengujian hipotesis. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh biaya promosi, biaya pengembangan tenaga kerja dan volume penjualan pada PT. Air Mancur - Karanganyar sejak berdirinya. Penelitian ini menggunakan teknik sampling Purposive Sampling dimana pengambilan sampel dilakukan berdasarkan pertimbangan perorang atau pertimbangan peneliti. Sampel yang digunakan oleh penulis dalam penelitian ini adalah data biaya promosi, biaya pengembangan tenaga kerja dan volume penjualan pada tahun 2004-2008. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi ganda, uji F, uji t, uji R2, serta sumbangan efektif. Hasil analisis menunjukkan bahwa: (1) Terdapat pengaruh biaya promosi terhadap volume penjualan pada PT. Air Mancur Karanganyar. Hal ini terbukti dari hasil analisis data yang mendapatkan thitung sebesar 4,107 lebih besar daripada ttabel (2,101) pada taraf signifikansi 5%; (2) Terdapat pengaruh biaya pengembangan tenaga kerja terhadap volume penjualan pada PT. Air Mancur - Karanganyar. Hal ini terbukti dari hasil analisis data yang mendapatkan thitung sebesar 3,722 lebih besar daripada ttabel (2,101) pada taraf signifikansi 5%; (3) Terdapat pengaruh biaya promosi dan biaya pengembangan tenaga kerja secara bersama-sama terhadap volume penjualan pada perusahaan PT. Air Mancur - Karanganyar. Hal ini terbukti dari hasil analisis data yang mendapatkan Fhitung sebesar 199,262 lebih besar daripada Ftabel (3,59) pada taraf signifikansi 5%; (4) Variabel biaya promosi memberikan sumbangan relatif sebesar 52,6% dan sumbangan efektif 50,4% terhadap volume penjualan. Variabel biaya pengembangan tenaga kerja memberikan sumbangan relatif sebesar 47,4% dan sumbangan efektif 45,5% terhadap volume penjualan. Jadi secara keseluruhan variabel biaya promosi dan pengembangan tenaga kerja memberikan sumbangan sebesar 95,9% terhadap volume penjualan.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Biaya promosi, biaya pengembangan tenaga kerja, volume penjualan |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Users 13 not found. |
Date Deposited: | 20 Jan 2010 06:29 |
Last Modified: | 24 Oct 2011 04:54 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/5703 |
Actions (login required)
View Item |