ISMAWATI , AZIZAH (2009) PENGARUH LINGKUNGAN KELUARGA DAN LINGKUNGAN SOSIAL TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS XI JURUSAN IPS SMA PGRI 2 KAYEN TAHUN AJARAN 2008/2009. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
PDF
A210050046.pdf Restricted to Repository staff only Download (450kB) |
||
|
PDF
A210050046.pdf Download (64kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Pengaruh lingkungan keluarga terhadap prestasi belajar siswa; 2) Pengaruh lingkungan sosial terhadap prestasi belajar siswa; 3) Pengaruh lingkungan keluarga dan lingkungan sosial terhadap prestasi belajar siswa. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kuantitatif deskriptif yang disertai dengan pengujian hipotesis dengan analisis statistik. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI jurusan IPS SMA PGRI 2 Kayen tahun ajaran 2008/2009 yang berjumlah 172 orang siswa. Sampel yang diambil sebanyak 86 orang siswa yang diambil dengan teknik purposive sampling. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode observsi, metode angket, dan metode dokumentasi. Data yang diperlukan diperoleh melalui angket yang telah diujicobakan terlebih dahulu dan diuji validitas serta diuji reliabilitas. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi berganda, uji F, uji t, uji R2, serta sumbangan relatif dan efektif. Hasil analisis regresi ganda memperoleh persamaan regresi: Y = 6,486 + 2,478.X1 + 1,830.X¬2. Persamaan tersebut menunjukkan bahwa prestasi belajar siswa dipengaruhi oleh lingkungan keluarga dan lingkungan sosial. Kesimpulan yang diambil adalah: 1) Lingkungan keluarga berpengaruh positif terhadap prestasi belajar siswa kelas XI Jurusan IPS SMA PGRI 2 Kayen tahun ajaran 2008/2009. Hasil analisis regresi memperoleh nilai thitung > ttabel (6,477 > 2,000) diterima pada taraf signifikansi 5%. Variabel lingkungan keluarga memberikan kontribusi sebesar 29,7% terhadap prestasi belajar siswa. 2) Lingkungan sosial berpengaruh positif terhadap prestasi belajar siswa kelas XI jurusan IPS SMA PGRI 2 Kayen tahun ajaran 2008/2009. Hasil analisis regresi diperoleh nilai thitung> ttabel (5,874 > 2,000) diterima pada taraf signifikansi 5%. Variabel lingkungan sosial memberikan kontribusi sebesar 25,4% terhadap prestasi belajar siswa. 3) Lingkungan keluarga dan lingkungan sosial berpengaruh positif terhadap prestasi belajar siswa kelas XI jurusan IPS SMA PGRI 2 Kayen tahun ajaran 2008/2009. Hal ini terbukti dari hasil analisis uji F yang diperoleh nilai Fhitung > Ftabel (51,069 > 3,15) diterima pada taraf signifikansi 5%. Sumbangan variabel lingkungan keluarga dan lingkungan sosial terhadap prestasi belajar adalah sebesar 55,2%
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | lingkungan keluarga, lingkungan sosial, prestasi belajar siswa |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Users 13 not found. |
Date Deposited: | 20 Jan 2010 02:14 |
Last Modified: | 16 Apr 2011 04:36 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/5698 |
Actions (login required)
View Item |