ZULAIHA , DEWI (2009) PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR EKONOMI MELALUIPENDEKATAN PETA KONSEP DAN PEER TEACHING SISWA KELAS VII A SMP N 2 GATAK SUKOHARJO TAHUN AJARAN 2008/2009. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
PDF
A210050008.pdf Restricted to Repository staff only Download (861kB) |
||
|
PDF
A210050008.pdf Download (249kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan motivasi belajar ekonomi siswa, dengan melihat pada perubahan perilaku seperti: keaktifan siswa, kemandirian siswa, dan kemampuan belajar ekonomi siswa melalui pendekatan peta konsep dan peer teaching. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) atau Classroom Action Research (CAR). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP N 2 Gatak tahun pelajaran 2008/2009 yang berjumlah sebanyak 172 siswa. Sampel yang diamati adalah siswa kelas VII A yang berjumlah 35 siswa. Data yang diperlukan diperoleh melalui teknik observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif dengan analisis interaktif yang terdiri dari: pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pelaksanaan siklus I yaitu pembelajaran dengan peta konsep menunjukkan bahwa motivasi belajar siswa hanya mencapai 67,1%. Kemudian hasil pelaksanaan pembelajaran pada siklus II yaitu setelah memperoleh pembelajaran dengan strategi peer teaching, motivasi belajar meningkat menjadi 82,4%. Selanjutnya pda pelaksanaan siklus III yaitu pada pembelajaran dengan kombinasi peta konsep dan peer teaching menunjukkan hasil yang tertinggi yaitu motivasi belajar meningkat menjadi 94%. Kesimpulan yang diambil adalah: 1) Penggunaan pembelajaran dengan kombinasi peta konsep dan peer teaching dapat meningkatkan motivasi belajar siswa Ekonomi pada siswa kelas VII SMP Negeri 2 Gatak tahun pelajaran 2008/2009; 2) Penggunaan pembelajaran dengan kombinasi peta konsep dan peer teaching dapat meningkatkan motivasi belajar siswa Ekonomi. Motivasi belajar Ekonomi meningkat dari 67,1% pada siklus I menjadi 82,4% pada siklus II, kemudian semakin meningkat pada siklus III menjadi 94%. Hal ini berarti penggunaan pendekatan peta konsep dan peer teaching akan meningkatkan keaktifan belajar siswa dan memotivasi siswa untuk belajar dengan sungguh-sungguh.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | peta konsep, peer teaching, motivasi belajar, penelitian tindakan kelas |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Users 13 not found. |
Date Deposited: | 19 Jan 2010 07:36 |
Last Modified: | 02 Jan 2012 07:28 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/5685 |
Actions (login required)
View Item |