PENGARUH SIKAP BELAJAR SISWA DAN MINAT BELAJAR SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR IPS SMP MUHAMMADIYAH 10 SURAKARTA

KHASANAH , NIDA’UL (2009) PENGARUH SIKAP BELAJAR SISWA DAN MINAT BELAJAR SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR IPS SMP MUHAMMADIYAH 10 SURAKARTA. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF
A210040044.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF
A210040044.pdf

Download (63kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan (1) untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh sikap belajar siswa terhadap prestasi belajar siswa (2) untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh minat belajar siswa terhadap prestasi belajar siswa (3) untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh sikap belajar siswa dan minat belajar siswa terhadap prestasi belajar. Penelitian ini dilakukan dengan metode penelitian asosiatif, dengan populasi adalah siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 10 Surakarta sejumlah 51 siswa. Pengumpulan data yang dilakukan dengan metode angket dan dokumentasi. Teknik analisis yang dilakukan adalah regrasi ganda, uji F, uji t, sumbangan relatif (SR) dan sumbangan efektif (SE). Uji prasyarat analisis dengan uji normalitas dan uji linieritas. Berdasarkan analisis data diperoleh persamaan regresi Y = 0,467+ 0,313x1 + 0,345x2 menunjukkan bahwa variabel minat belajar dan sikap belajar memberikan pengaruh yang positif terhadap prestasi belajar terbukti dari hasil sikap ada peningkatan 0,313 dan minat pengaruhnya sebesar 0,345. Hasil hipotesis dengan α = 0,05 menunjukkan : (1) thitung =2,004 > ttabel = 1,684 menunjukkan ada pengaruh yang signifikan antara sikap belajar dengan prestasi belajar siswa. (2) thitung = 2,148 > ttabel = 1,684 menunjukkan ada pengaruh signifikan antara minat belajar dan prestasi belajar siswa. (3) Fhitung =223,696 > Ftabel = 3,84 berarti ada pengaruh yang signifikan sikap belajar siswa dan minat belajar siswa terhadap prestasi belajar siswa. Hasil dari sumbangan efektif dengan R2 = 0,557 menunjukkan SEx1memberikan pengaruh sebesar 27% dan SEx2 sebesar 29% jadi jumlahnya 56% sisanya dipengaruhi oleh faktor di luar model penelitian sebesar 44%.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: sikap belajar siswa, minat belajar siswa, prestasi belajar
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Users 13 not found.
Date Deposited: 19 Jan 2010 05:13
Last Modified: 24 Oct 2011 04:40
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/5679

Actions (login required)

View Item View Item