PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS NARASI DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA LAGU PADA SISWA KELAS VIIIB SMP NEGERI 1 NGUTER, SUKOHARJO

WIDAYATI, WIDAYATI (2009) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS NARASI DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA LAGU PADA SISWA KELAS VIIIB SMP NEGERI 1 NGUTER, SUKOHARJO. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF
A310050080.PDF

Download (30kB)
[img] PDF
A310050080.PDF
Restricted to Repository staff only

Download (365kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah; 1) Mendeskripsikan peningkatan kemampuan belajar menulis narasi siswa dengan media lagu ; 2) Mendeskripsikan perhatian siswa dalam mengikuti pelajaran menulis narasi dengan media lagu; 3) Mendeskripsikan persepsi dan kesan siswa terhadap pemanfaatan media lagu untuk meningkatkan kemampuan menulis narasi. Bentuk penelitian adalah penelitian tindakan kelas. Sasaran penelitian ini adalah peningkatan hasil menulis narasi dengan media lagu di kelas VIIIB SMP Negeri I Nguter, Sukoharjo. Data pada penelitian ini adalah a) Tulisan narasi siswa sebelum menggunakan media lagu dan setelah menggunakan media lagu. 2) Perhatian siswa saat mengikuti kegiatan menulis narasi dengan media lagu. 3) Persepsi dan kesan siswa terhadap pemanfaatan media lagu untuk meningkatkan kemampuan menulis narasi. Data penelitian ini diambil dengan cara 1) observasi, 2) wawancara, dan 3) tes. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah 1) Reduksi data, 2)Display data, 3) Penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini adalah: 1) Media lagu dapat meningkatkan kemampuan menulis narasi siswa kelas VIIIB SMP Negeri I Nguter, Sukoharjo. Nilai siswa telah mencapai ketuntasan nilai yang ditentukan yaitu 65; 2) Perhatian siswa dalam mengikuti pembelajaran menulis narasi dengan media lagu dapat di lihat dari keaktifan siswa di dalam kelas. Pada siklus I siswa yang aktif hanya berkisar antara 4-10 siswa, sedangkan pada siklus II siswa aktif hingga 24 siswa, dan pada siklus III siswa aktif hingga 30 siswa; 3) siswa terlihat tertarik atau antusias mengikuti pembelajaran menulis narasi.siswa terlihat memperhatikan pelajaran dengan serius. Siswa menyatakan lebih menyukai pembelajaran narasi menggunakan media lagu daripada pembelajaran yang biasa mereka alami; 4) guru sudah memperbaiki teknik mengajar yang diterapkan kepada siswa.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: lagu, narasi
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: Mrs. Gatiningsih Gatiningsih
Date Deposited: 13 Jan 2010 08:53
Last Modified: 13 Nov 2010 04:54
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/5661

Actions (login required)

View Item View Item