PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KOSAKATA BAHASA INDONESIA KELAS I SDN JRAHI 02 KECAMATAN GUNUNGWUNGKAL KABUPATEN PATI

Sukarso, Sukarso (2009) PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KOSAKATA BAHASA INDONESIA KELAS I SDN JRAHI 02 KECAMATAN GUNUNGWUNGKAL KABUPATEN PATI. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF
A310050026.PDF

Download (59kB)
[img] PDF
A310050026.PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya guru untuk meningkatkan kemampuan penguasaan kosakata dengan menggunakan media gambar, meningkatkan penguasaan kosakata bahasa Indonesia anak didik kelas I dengan menggunakan media gambar sebagai media pembelajaran, mengetahui kesungguhan siswa dalam mengikuti pelajaran tentang penguasaan kosakata bahasa Indonesia, dan mengetahui faktor-faktor penghambat dalam meningkatkan penguasaan kosakata bahasa Indonesia. Setting Penelitian dilaksanakan di SDN Jrahi 02 kelas I kecamatan Gunungwungkal. Sasaran Tindakan adalah peningkatan kemampuan penguasaan kosakata dengan menggunakan media gambar sebagai media pembelajaran. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan teknik wawancara, observasi, dan tes/penugasan. Teknik analisis data penelitian yang dipakai adalah model siklus. Prosedur penelitian ini didasarkan pada prosedur penelitian tindakan kelas, yaitu (1) perencanaan (planning), (2) pelaksanaan tindakan (acting), (3) pengamatan (observing), (4) evaluasi (evaluating) dan (5) refleksi (reflekting). Penelitian ini bersifat siklus, penelitian dilakukan secara berulang. Hasil penelitian ini, yakni (1) upaya guru dalam meningkatkan kemampuan penguasaan kosakata meningkat, dengan tidak terpaku pada buku paket saja, (2) kualitas penguasaan kosakata anak didik kelas I meningkat dari siklus sebelumnya yaitu pada siklus I siswa hanya menguasai sedikit kata dasar dan jadian, tetapi pada siklus II siswa menemukan banyak kata dasar dan kata jadian serta beberapa siswa menemukan kata ulang, (3) semangat dan keseriusan siswa dalam belajar tercipta setelah dihadirkan media gambar sebagai media pembelajaran dalam meningkatkan kemampuan penguasaan kosakata bahasa Indonesia, dan (4) guru berusaha semaksimal mungkin dalam meningkatkan kemampuan penguasaan kosakata bahasa Indonesia dengan keterbatasan yang ada.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: kosakata dan media gambar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: Mrs. Gatiningsih Gatiningsih
Date Deposited: 13 Jan 2010 08:11
Last Modified: 21 Apr 2011 04:27
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/5648

Actions (login required)

View Item View Item