NURYANTI, NURYANTI (2009) UPAYA MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MENYIMAK DENGAN MEDIA FILM ANIMASI BERTEMA PENDIDIKAN PADA SISWA KELAS V SD NEGERI PABELAN 03 KARTASURA TAHUN PELAJARAN 2008/2009. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF
A310050012.PDF Download (614kB) |
|
PDF
A310050012.PDF Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan Untuk mengetahui peningkatkan kualitas proses pembelajaran keterampilan menyimak dengan media film animasi bertema pendidikan pada siswa kelas V SD Negeri Pabelan 03 Kartasura tahun pelajaran 2008/2009 dan Untuk mengetahui peningkatkan kualitas hasil pembelajaran keterampilan menyimak dengan media film animasi bertema pendidikan pada siswa kelas V SD Negeri Pabelan 03 Kartasura tahun pelajaran 2008/2009. Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, sedangkan strategi penelitian adalah deskriptif kualitatif. Setting Penelitian dilaksanakan di SD Negeri Pabelan 03 Kartasura pada siswa kelas V. Objek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri Pabelan 03 Kartasura. Sumber data yang digunakan adalah (1) tempat dan peristiwa, yaitu ruang kelas dan proses pembelajaran di dalamnya (2) informan, yaitu guru dan siswa; dan (3) dokumen, yaitu materi menyimak, film animasi, rencana pembelajaran, kurikulum yang berlaku, dan hasil pekerjaan keterampilan menyimak siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah (1) observasi, (2) wawancara, (3) angket, dan (4) tugas. Uji validitas data menggunakan teknik triangulasi metode dan triangulasi sumber data. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah reduksi data, Penyajian data, dan verifikasi. Prosedur penelitian ini didasarkan pada prosedur penelitian tindakan kelas, yaitu : (1) perencanaan, (2) pelaksana, (3) pengamatan, dan (4) refleksi. Hasil penelitian ini, yakni terdapat peningkatan kualitas proses pembelajaran keterampilan menyimak menggunakan media film animasi pada siswa kelas V SD Negeri Pabelan 03 Kartasura, yaitu sebagai berikut: (1) Kefokusan siswa selama proses pembelajaran pada siklus I mencapai 60% (12 siswa), kemudian meningkat pada siklus II menjadi 80% (16 siswa), dan pada siklus III mengalami peningkatan yaitu 90% (18 siswa); dan (2) Keaktifan siswa selama proses pembelajaran pada siklus I mencapai 25% (5 siswa), kemudian meningkat pada siklus II menjadi 55% (11 siswa), dan pada siklus III mengalami peningkatan yaitu 80% (16 siswa). Adapun peningkatan kualitas hasil pembelajaran ditandai dengan meningkatnya jumlah siswa yang mencapai batas ketuntasan hasil belajar dalam pembelajaran kegiatan belajar menengajar, yaitu pada siklus I mencapai 85% (17 siswa), kemudian meningkat pada siklus II menjadi 90% (18 siswa), dan pada siklus ke III mengalami peningkatan yaitu 100% (20 siswa).
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Keterampilan Menyimak dan Media Film Animasi |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah |
Depositing User: | Mrs. Gatiningsih Gatiningsih |
Date Deposited: | 13 Jan 2010 07:59 |
Last Modified: | 21 Apr 2011 04:24 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/5644 |
Actions (login required)
View Item |