PENERAPAN KURIKULUM BERBASIS KOMPETENSI MATA PELAJARAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA KELAS XI SMK MUHAMMADIYAH 3 SURAKARTA

WIBOWO, FREDY HENDRO (2009) PENERAPAN KURIKULUM BERBASIS KOMPETENSI MATA PELAJARAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA KELAS XI SMK MUHAMMADIYAH 3 SURAKARTA. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF
A310020006.PDF

Download (256kB)
[img] PDF
A310020006.PDF
Restricted to Repository staff only

Download (663kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan guru Bahasa dan Sastra Indonesia dalam memilih materi, penyajian materi, pemilihan metode, dan cara penilaian serta untuk mengetahui kendala-kendala yang dihadapi oleh guru dalam melaksanakan kurikulum berbasis kompetensi. Objek pelelitian ini adalah siswa kelas XI , dan guru bidang studi Bahasa dan Sastra Indonesia di SMK Muhammadiyah 3 Surakarta. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini diambil dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian dengan cara deskriptif kualitatif yakni menganalisis data-data yang dikumpulkan dari lapangan baik yang diperoleh secara lisan maupun tulisan yang berupa wawancara, pengamatan, dan angket.dari siswa dianalisis kemudian ditarik kesimpulan. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa penerapan kurikulum berbasis kompetensi di SMK Muhammadiyah 3 Surakarta belum bisa dilaksanakan dengan baik karena masih terdapat banyak kendala seperti kemampuan guru yang kurang dalam mengajar, yakni guru kurang mampu menerapkan metode mengajar dengan baik tidak semua metode mengajar diterapkan oleh guru, selain itu juga guru mengalami kesulitan dalam merubah gaya mengajar padahal dalam KBK siswa dituntut untuk aktif. Dari pihak siswanya sendiri juga kurang aktif dalam mengikuti pelajaran karena dipicu suasana kelas yang kurang nyaman, ajakan teman untuk ramai, siswa kurang termotivasi untuk membaca, dan pengalaman belajar siswa yang kurang. Siswa kadang-kadang tidak mengerjakan tugas dan latihan-latihan soal yang diberikan oleh guru padahal dengan mengerjakan latihan-latihan soal akan mempunyai pengalaman belajar untuk bias menyelesaikan soal-soal yang sulit. Serta dari pihak sekolahnya sendiri sarana dan prasarana yang disediakan kurang lengkap.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: : kurikulum berbasis kompetensi
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: Mrs. Gatiningsih Gatiningsih
Date Deposited: 13 Jan 2010 07:28
Last Modified: 13 Nov 2010 04:54
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/5636

Actions (login required)

View Item View Item