PENGARUH IMPLEMENTASI PERAN GURU BIMBINGAN KONSELING DAN LINGKUNGAN KELUARGA TERHADAP PRESTASI BELAJAR PKN SISWA KELAS VIII SMPN 1 KARANGANOM TAHUN PELAJARAN 2009/2010

KURNIAWAN, BAYU DWI (2009) PENGARUH IMPLEMENTASI PERAN GURU BIMBINGAN KONSELING DAN LINGKUNGAN KELUARGA TERHADAP PRESTASI BELAJAR PKN SISWA KELAS VIII SMPN 1 KARANGANOM TAHUN PELAJARAN 2009/2010. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF
A220050020.PDF

Download (44kB)
[img] PDF
A220050020.PDF
Restricted to Repository staff only

Download (563kB)

Abstract

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui “Adakah pengaruh positif yang signifikan dari Implementasi Peran Guru Bimbingan Konseling dan Lingkungan Keluarga terhadap Prestasi Belajar PKn siswa kelas VIII SMPN 1 Karanganom tahun pelajaran 2009/2010?”. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif dengan melakukan pengujian hipotesis. Penelitian ini mengambil lokasi di SMPN 1 Karanganom. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMPN 1 Karanganom tahun pelajaran 2009/2010 yang berjumlah 232 siswa. Sampel diambil sebanyak 42 siswa dengan teknik Quota Purposive Proportional Random Sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier ganda, uji F, dan dilakukan pula perhitungan sumbangan relatif dan efektif. Kesimpulan penelitian ini adalah: “Ada pengaruh positif yang signifikan dari Peran Guru Bimbingan Konseling dan Lingkungan Keluarga terhadap Prestasi Belajar Pkn siswa Kelas VIII SMPN 1 Karanganom tahun Pelajaran 2009/2010” dengan Freg > Ftabel yaitu, 5,728 > 3,238. Variabel implementasi peran guru bimbingan konseling memberikan sumbangan relatif sebesar 43,0% dan sumbangan efektif 9,8%. Sedangkan variabel lingkungan keluarga memberikan sumbangan relatif sebesar 57,0% dan sumbangan efektif 12,9%. Berdasarkan besarnya sumbangan relatif dan efektif nampak bahwa variabel lingkungan keluarga memiliki pengaruh yang lebih dominan terhadap prestasi belajar PKn dibandingkan variabel implementasi peran guru bimbingan konseling.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: implementasi peran guru bimbingan konseling, lingkungan keluarga dan prestasi belajar PKn.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kewarganegaraan
Depositing User: Mrs. Gatiningsih Gatiningsih
Date Deposited: 13 Jan 2010 07:18
Last Modified: 24 Oct 2011 05:21
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/5633

Actions (login required)

View Item View Item