PENGARUH PERSEPSI SISWA MENGENAI KETERAMPILAN MENGAJAR GURU DAN INTENSITAS PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP PRESTASI BELAJAR PKn BAGI SISWA KELAS IX SMPN 26 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2009/2010

ARIANA, YULI (2009) PENGARUH PERSEPSI SISWA MENGENAI KETERAMPILAN MENGAJAR GURU DAN INTENSITAS PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP PRESTASI BELAJAR PKn BAGI SISWA KELAS IX SMPN 26 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2009/2010. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF
A220050012.PDF

Download (83kB)
[img] PDF
A220050012.PDF
Restricted to Repository staff only

Download (489kB)

Abstract

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui “Adakah pengaruh positif yang berarti (signifikan) dari persepsi siswa mengenai keterampilan mengajar guru dan intensitas penggunaan media audio visual terhadap prestasi belajar PKn pada siswa kelas IX SMPN 26 Surakarta Tahun ajaran 2009/2010?”. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif dengan melakukan pengujian hipotesis. Penelitian ini mengambil lokasi di SMPN 26 Surakarta. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IX SMPN 26 Surakarta Tahun ajaran tahun pelajaran 2009/2010 yang berjumlah 243 siswa. Sampel diambil sebanyak 36 siswa dengan teknik Quota Purposive Proportional Random Sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier ganda, uji F, dan dilakukan pula perhitungan sumbangan relatif dan efektif. Kesimpulan penelitian ini adalah: “Ada pengaruh positif yang berarti (signifikan) dari persepsi siswa mengenai keterampilan mengajar guru dan intensitas penggunaan media audio visual terhadap prestasi belajar PKn pada siswa kelas IX SMPN 26 Surakarta tahun ajaran 2009/2010” dengan Freg > Ftabel yaitu, 6,645 > 3,285. Variabel persepsi siswa mengenai keterampilan mengajar guru memberikan sumbangan efektif 16,42%. Sedangkan variabel intensitas penggunaan media audio visual memberikan sumbangan efektif 12,29%. Berdasarkan besarnya sumbangan relatif dan efektif nampak bahwa variabel inte persepsi siswa mengenai keterampilan mengajar guru memiliki pengaruh yang lebih dominan terhadap prestasi belajar PKn dibandingkan variabel intensitas penggunaan media audio visual.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: persepsi siswa mengenai keterampilan mengajar guru, intensitas penggunaan media audio visual dan prestasi belajar PKn
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kewarganegaraan
Depositing User: Mrs. Gatiningsih Gatiningsih
Date Deposited: 13 Jan 2010 07:12
Last Modified: 24 Oct 2011 05:21
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/5631

Actions (login required)

View Item View Item