PEMBINAAN DISIPLIN ANAK TUNA GRAHITA DI SEKOLAH (Studi Kasus di SLB Pelita Bangsa Kesamben Jombang)

Susila, Jaka (2009) PEMBINAAN DISIPLIN ANAK TUNA GRAHITA DI SEKOLAH (Studi Kasus di SLB Pelita Bangsa Kesamben Jombang). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF
A220010043.PDF
Restricted to Repository staff only

Download (61kB)
[img]
Preview
PDF
A220010043.PDF

Download (61kB)

Abstract

Pendidikan merupakan suatu hal yang sangat penting dan tidak dapat dipisahkan dan kehidupan seseorang baik dalam keluarga, masyarakat dan bangsa. Kemajuan suatu bangsa ditentukan oleh tingkat keberhasilan pendidikan. Negara Indonesia sebagai negara berkembang dalam pembangunan membutuhkan sumber daya manusia yang dapat diandalkan, Pembangunan manusia Indonesia pada dasarnya merupakan pengamalan nilai-nilai Pancasila. Pembangunan ini meliputi pembangunan materiil dan spiritual. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pembinaan perilaku disiplin anak tunagrahita di sekolah. Metode penelitian. Penelitian ini juga merupakan bentuk penelitian kualitatif. karena penelitian ini dilakukan dalam rangka mencari data yang ada di lokasi atau lapangan penelitian yang bukan merupakan data statistik, melainkan pencarian data-data yang didapat dari informan, aktivitas maupun ilustrasi yang terkait terhadap masalah yang diajukan. Untuk pengambilan sampel menggunakan purposive sampling yaitu teknik pengambilan sampel sumber data dengan pertimbangan tertentu. Adapun yang menjadi kriteria dasar peneliti dengan menggunakan purposive sampling ini terdiri dari tiga jenis yaitu Snowball sampling, Internal Sampling dan Time Sampling. Penelitian ini menunjukkan bahwa SLB “Pelita Bangsa”, telah melaksanakan tugas mengamati, mengawasi atau membimbing dan mestimulir kegiatan pendidikan dengan maksud untuk perbaikan mutu pendidikan. Selain itu kepala sekolah SLB “Pelita Bangsa” juga memiliki keterampilan dalam hubungan kemanusiaan, keterampilan dalam kepemimpinan dalam proses kelompok, keterampilan dalam administrasi personalia dan keterampilan dalam penilaian. Perilaku displin anak di sekolah merupakan alat untuk mencapai tujuan pendidikan, pembelajaran dan aktifitas, serta untuk mengontrol perilaku disiplin anak didik untuk menjaga ketertiban sekolah.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pembinaan disiplin anak tuna grahita, sekolah
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kewarganegaraan
Depositing User: Mrs. Gatiningsih Gatiningsih
Date Deposited: 12 Jan 2010 08:46
Last Modified: 11 Oct 2018 06:42
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/5613

Actions (login required)

View Item View Item