PENGARUH PENDEKATAN PROBLEM SOLVING DAN COOPERATIVE TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA DITINJAU DARI SOSIAL EKONOMI ORANG TUA SISWA (Kelas VIII SMP N 1 Miri Tahun Pelajaran 2008/2009)

MONARINDRA, WILLY (2009) PENGARUH PENDEKATAN PROBLEM SOLVING DAN COOPERATIVE TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA DITINJAU DARI SOSIAL EKONOMI ORANG TUA SISWA (Kelas VIII SMP N 1 Miri Tahun Pelajaran 2008/2009). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF
A410050052.pdf

Download (60kB)
[img] PDF
A410050052.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui : (1) Perbedaan strategi pembelajaran Problem Solving dan Cooperative terhadap prestasi belajar matematika. (2) Perbedaan sosial ekonomi orang tua siswa terhadap prestasi belajar matematika. (3) Interaksi antara penggunaan strategi pembelajaran dan tingkat sosial ekonomi orang tua siswa terhadap prestasi belajar matematika. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP N 1 Miri tahun pelajaran 2008/2009 yang terdiri dari 6 kelas dengan jumlah 241 siswa. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 81 siswa yang terbagi dua kelas, yaitu 41 siswa kelas VIIIB sebagai kelas eksperimen dan 40 siswa kelas VIIIA sebagai kelas kontrol, dengan teknik pengambilan sampelnya adalah simple random sampling. Jenis penelitian Quasi eksperiman dengan metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah metode dokumentasi, tes dan angket. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik anava dua jalur dengan sel tak sama yang sebelumnya dilakukan uji normalitas dengan metode Liliefors dan uji homogenitas dengan metode Bartlett. Hasil penelitian menunjukkan : (1) Ada perbedaan prestasi belajar matematika antara siswa yang diberi strategi pembelajaran Problem Solving dibandingkan dengan siswa yang diberi strategi pembelajaran Cooperative, (2) Ada perbedaan prestasi belajar matematika ditinjau dari sosial ekonomi orang tua siswa, (3) Tidak ada interaksi antara strategi pembelajaran dan sosial ekonomi orang tua siswa terhadap prestasi belajar matematika karena tingkat IQ setiap anak tidak sama

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Problem Solving, Sosial ekonomi orang tua siswa, Prestasi belajar, Kubus dan Balok
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs. Gatiningsih Gatiningsih
Date Deposited: 11 Jan 2010 08:33
Last Modified: 15 Nov 2010 19:47
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/5583

Actions (login required)

View Item View Item