UPAYA PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP OPERASI HITUNG PADA POKOK BAHASAN PECAHAN DENGAN PENERAPAN PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK (PTK Pembelajaran Matematika Kelas V SDN Godog I Polokarto)

Gustinawati, Ika (2008) UPAYA PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP OPERASI HITUNG PADA POKOK BAHASAN PECAHAN DENGAN PENERAPAN PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK (PTK Pembelajaran Matematika Kelas V SDN Godog I Polokarto). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF
A410030134.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep operasi hitung siswa pada pokok bahasan pecahan dalam pembelajaran matematika dan meningkatkan hasil belajar siswa. Subjek penelitian ini adalah guru matematika kelas V SDN Godog I Polokarto sebagai subjek pemberi tindakan, kepala sekolah sebagai subjek pembantu dalam perencanaan dan pengumpulan data penelitian, serta siswasiswi kelas V berjumlah 48 orang sebagai subjek penerima tindakan. Data penelitian ini adalah pemahaman konsep operasi hitung pecahan yang dapat dilihat dari keaktifan dan hasil belajar siswa selama pemberian tindakan. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah observasi, wawancara, catatan lapangan, dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan metode alur. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan pemahaman konsep operasi hitung pecahan. Hal ini dapat dilihat dari: 1. Tingkat keaktifan siswa yang meliputi: a) mengerjakan soal ke depan kelas dari 16,7% meningkat menjadi 66,7%, b) memberi tanggapan dari jawaban siswa lain dari 10,04% meningkat menjadi 22,9%, c) mengajukan ide/tanggapan pada guru dari 10,04% meningkat menjadi 18,8% dan d) membuat kesimpulan dari 8,3% meningkat menjadi 29,2%, 2. Hasil belajar siswa meliputi: a) kemampuan mengkonstruksikan soal dari 52,08% meningkat menjadi 77,08%, b) ketepatan penggunaan rumus dari 68,75% meningkat menjadi 75% dan c) kemampuan proses perhitungan dari 70,83% meningkat menjadi 77,08%. Penelitian ini menyimpulkan bahwa pemahaman konsep operasi hitung dapat ditingkatkan melalui penerapan pendekatan matematika realistik sehingga berdampak pada peningkatan hasil belajar siswa.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pemahaman Konsep, Operasi Hitung Pecahan, Pendekatan Matematika Realistik.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Ken Retno Yuniwati
Date Deposited: 26 Sep 2008 04:01
Last Modified: 17 Nov 2010 11:34
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/558

Actions (login required)

View Item View Item