PROSES PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERPEDOMAN KURIKULUM SEKOLAH SYARIAH (Studi Fenomenologi di Sekolah Dasar Muhammadiyah Program Khusus Kottabarat Surakarta)

Bani, Eko (2009) PROSES PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERPEDOMAN KURIKULUM SEKOLAH SYARIAH (Studi Fenomenologi di Sekolah Dasar Muhammadiyah Program Khusus Kottabarat Surakarta). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF
A410030137.pdf

Download (48kB)
[img] PDF
A410030137.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana guru memaknai kurikulum sekolah syariah, mengetahui proses perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran Matematika yang berpedoman pada kurikulum sekolah syariah. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif-fenomenologis, dilakukan di Sekolah Dasar Muhammadiyah Program Khusus Kottabarat Surakarta dengan guru Matematika sebagai informan penelitian. Metode pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif-kualitatif dengan pendekatan fenomenologi model Berger dan menggunakan alur analisis data model Hubberman dimana reduksi data dan penyajian data memperhatikan data yang dikumpulkan, kemudian melakukan penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses perencanaan pembelajaran matematika dilakukan dengan perencanaan yang matang dan berkesinambungan agar tidak mengalami bias. Pelaksanaan pembelajaran dilakukan di dalam kelas dan secara integrasi dengan mata pelajaran lain melalui praktek pembelajaran lapangan (PPL) dengan muatan materi yang bersumber pada Al-Qur’an dan Hadist dikaitkan dengan persoalan kehidupan sehari-hari. Evaluasi pembelajaran dilakukan secara harian, mingguan, bulanan, tengah dan akhir semester. Penilaian terhadap hasil belajar siswa berpedoman pada penilaian patokan dan norma. Pemaknaan guru tentang kurikulum sekolah syariah, kurikulum ini merupakan modifikasi isi kurikulum tingkat satuan pendidikan pada tingkat implementasinya, dengan menggunakan sumber hukum Islam sebagai pedoman pelaksanaannya, dimana tanggungjawab penyampaiannya langsung kepada Allah SWT.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: proses pembelajaran, syariah, kurikulum sekolah syariah
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs. Gatiningsih Gatiningsih
Date Deposited: 11 Jan 2010 07:57
Last Modified: 18 Nov 2019 04:33
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/5576

Actions (login required)

View Item View Item