PENINGKATAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR PECAHAN MELALUI PEMBERIAN TUGAS BERSTRUKTUR DALAM KELOMPOK BELAJAR (PTK SISWA KELAS VIII SEMESTER II SMPN 1 SUKODONO TAHUN 2005/2006)

NASIKAH, ZAINATUN (2009) PENINGKATAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR PECAHAN MELALUI PEMBERIAN TUGAS BERSTRUKTUR DALAM KELOMPOK BELAJAR (PTK SISWA KELAS VIII SEMESTER II SMPN 1 SUKODONO TAHUN 2005/2006). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF
A410000236.pdf

Download (107kB)
[img] PDF
A410000236.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (410kB)

Abstract

Pendidikan memegang peranan penting dan kebutuhan akan pendidikan tidak dapat ditawar kembali. Selain itu pendidikan merupakan wadah kegiatan yang dapat dipandang sebagai pencetak sumber daya manusia yang bermutu tinggi. Salah satu bidang studi yang perlu diperhatikan dalam upaya menigkatkan mutu pendidikan adalah pelajaran Matematika. Depdikbud (1994: 68) menjelaskan bahwa Matematika diajarkan bukan hanya untuk mengetahui dan memahami apa yang terkandung dalam Matematika itu sendiri. Tetapi, Matematika diajarkan pada dasarnya bertujuan untuk membantu melatih pola pikir siswa agar dapat memecahkan masalah dengan kritis, logis, cermat dan tepat. Keberhasilan dalam pendidikan tidak lepas dari kegiatan proses pembelajaran, maka dalam proses pembelajaran harus ada keterkaitan antara anak didik (siswa) dan pendidik (guru). Matematika tidak hanya menekankan pada keterampilan berhitung, akan tetapi juga menekankan pada penanaman konsep. Dalam pembelajaran matematika materimaterinya tersusun secara hirarkis, dimana konsep yang satu berkaitan dengan konsep yang lain. jadi untuk mempelajarinya diperlukan waktu bertahap. Dalam hal ini pemberian tugas sangat diperlukan dalam peningkatan aktivitas dan prestasi belajar pecahan. Pokok permasalahan dalam penelitian ini membahas tentang bagaimana proses pembelajaran Matematika melalui pemberian tugas berstruktur, dan tindakan apa yang harus dilakukan guru sehingga aktivitas dan perstasi belajar pecahan dapat meningkat, sedangkan tujuan dari penelitian secara umum untuk mendiskripsikan proses pembelajaran Matematika dengan melalui pemberian tugas berstruktur untuk meningkatkan prestasi belajar Matematika Kelas VIII, SLTP I Sukodono, Sragen. Secara khusus penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatkan aktivitas belajar pecahan dengan melalui pemberian tugas berstruktur. Hipotesis dalam penelitian ini menunjukkan “Diduga dengan pemberian tugas berstruktur maka aktivitas dan prestasi belajar pecahan dapat meningkat”. Hasil Penelitian menyimpulkan setelah diterapkan pemberian tugas berstruktur memberikan sumbangan terhadap peningkatan prestasi belajar pecahan yang ditunjukkan dengan jawaban benar yang tinggi dari siswa.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Matematika, Pemberian Tugas Berstruktur.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs. Gatiningsih Gatiningsih
Date Deposited: 11 Jan 2010 07:51
Last Modified: 02 May 2011 09:57
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/5575

Actions (login required)

View Item View Item